Stollen, Roti Buah dari Jerman

- detikFood Selasa, 14 Des 2010 13:06 WIB
Jakarta - Roti yang satu ini hanya ada di saat menjelang Natal karena menjadi roti Natal. Aromanya wangi dengan campuran buah kering yang legit renyah. Roti dari Jerman ini juga sering dijadikan bingkisan Natal. Apa sih uniknya roti ini?

Stollen Bread alias Christmas Stollen merupakan roti klasik yang muncul setahun sekali saat Natal. Roti khas Jerman ini bentuknya oval melebar dengan taburan gula bubuk. Biasanya dibungkus dengan plastik dan diberi hiasan Natal.

Nama asli roti ini Weihnachtsstollen atau Christstollen dalam bahasa Jerman atau Kerststol dalam bahasa Belanda. Terbuat dari adonan roti yang diberi campuran manisan buah, lemon dan orange peel, manisan ceri dan kacang almond, walnut dan kadang-kadang potongan marzipan.

Aroma wangi pada roti ini karena tambahan rempah seperti klabet dan kayu manis. Rasa lembutnya karena pemakaian mentega dan telur yang cukup banyak. Stollen jika disimpan beberapa hari akan makin enak dan wangi. Karena itu biasanya Stollen dibuat beberapa hari sebelum hari raya Natal.

Arti kata stollen secara harafiah adalah 'roti loaf yang dipanggang lebih awal', karena roti ini dibuat beberapa hari sebelum Natal. Sedangkan bentuknya yang oval menggembung di bagian tengah menggambarkan bayi Yesus yang dibungkus dengan kain selimut.

Stollen pertama kali dibuat pada tahun 1427 dan di Dresden hingga kini masih digelar Stollenfest atau festival Stollen menjelang Natal. Secara tradisional roti ini bisa berbobot 2 kg. Namun, kini banyak dibuat dalam bentuk yang lebih kecil hingga beratnya sekitar 500 gram.

Roti ini biasanya diiris melintang tipis dan dimakan sambil menikmati cokelat panas, kopi atau teh hangat di hari Natal. Rasa manis diikuti renyah kacang dan aroma wangi rempah membuat rasanya sangat istimewa. Jika ingin mencicipi Stollen, Anda bisa membeli di bakery besar atau di bakery hotel. Stollen dijual dalam berbagai ukuran dan bisa dipilih sesuai selera.



(dev/Odi)