Scotch Eggs, Enak kaya Protein

- detikFood Rabu, 03 Nov 2010 11:35 WIB
Jakarta - Makanan yang berbahan dasar daging dan telur ini, biasa jadi menu yang hadir kala piknik. Teksturnya renyak garing karena balutan tepung rotinya. Dan di bagian dalam gurihnya telur bikin sensasi rasa yang berbeda.

Jika mendengar nama scotch egg, beberapa orang mungkin akan bertanya-tanya "apa sih scotch egg?". Scotch egg adalah salah satu panganan asal Inggris. Biasanya disajikan bersama dengan acar, saus, ataupun potongan bacon. Kalau dilihat sepintas, scotch egg ini mirip sekali dengan bakso dengan isi telur rebus.

Tak heran, jika ditilik dari bahan yang digunakan untuk membuatnya memang tidaklah jauh berbeda. Daging yang digiling dicampur dengan telur yang sudah dikocok lepas, terigu dan juga bumbu-bumbu seperti bawang putih, merica, dan juga garam. Adonan daging ini digunakan untuk membungkus telur rebus utuh. Barulah di balut dengan tepung roti dan digoreng hingga matang.

Di Inggris, Scotch egg ini cukup populer, biasanya dijadikan menu yang harus ada di keranjang piknik. Disantap sebagai camilan dengan cocolan saus sambal ataupun dengan mayones. Rasanya kres..kres.. renyah dan gurih! Scotch egg ini cukup kaya akan protein hewani yang berasal dari daging dan telurnya.

(eka/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com