Pacar Cina, Warna-Warni di Saat Puasa

- detikFood Senin, 30 Agu 2010 15:17 WIB
Jakarta - Mencari pacar Cina di bulan puasa ini, sepertinya bukan hal yang sulit dilakukan. Hampir setiap pasar tradisional hingga pasar swalayan bisa dijumpai. Mau pilih yang masih mentah, atau yang sudah diolah semuanya tersedia. Penasaran?

Pacar Cina adalah salah satu panganan yang mudah dijumpai saat puasa seperti sekarang ini. Teksturnya lembut dan kenyal serta warna warni yang cerah menarik untuk disajikan. Bahan dasarnya yang terbuat dari tepung kanji, menjadikan pacar Cina kenyal-kenyal lembut.

Pacar Cina biasa dijual dalam keadaan mentah, matang atau kering. Biasanya, pacar Cina dijadikan campuran kolak, dibuat setup, ataupun dijadikan campuran es campur. Yang perlu diwaspadai saat membeli pacar cina yang segar adalah pemakaian bahan pewarna. Sebagian besar penjual memakai bahan pewarna yang tidak untuk makanan.
Jika memakai pacar cina yang segar, rebuslaha air bersama daun pandan hingga mendidih. Masukkan pacar cina dan rebus hingga mengapung dan bening. Tiriskan lalu siram dengan air dingin. Pacar cina matang ini bisa langsung dipakai dengan tambahan kuah santan atau dijadikan campuran es atau sekoteng.

Untuk pacar cina yang kering dipakai cara yang sama hanya saja proses merebusnya lebih lama. Kalau khawatir dengan pemakaian pewarna berbahaya, lebih baik membuat pacar cina sendiri. Sedikit lebih repot tetapi lebih amana dan enak bukan?

(eka/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com