Si Gading yang Nyess... Manis!

- detikFood Rabu, 02 Jun 2010 13:14 WIB
Jakarta - Warnanya kuning mulus dengan bentuk ramping bagai gadis Thailand. Kulitnya juga tipis dan daging buahnya sangat lembut dengan aroma asam segar. Jangan salah duga, rasanya sungguh manis mengelus lidah. Mau coba?

Mangga yang disebut mamuang, seperti buah-buahan tropis lain dari negeri gajah putih sudah tersohor karena rasanya yang enak, segar dan manis. Jenis mangga Thailand juga sangat banyak. Ada yang hijau kulitnya tetapi ada juga yang berubah menjadi kuning saat tua.

Tak hanya buah yang diimpor langsung dari Thailand, sudah banyak juga  mangga yang ditanam dengan bibit asli Thailand. Karenanya di banyak toko buah, dan penjual buah mudah ditemui jenis-jenis mangga Thailand.

Jenis mangga Nam Doc Mai yang langsing dengan ujung runcing berwarna hijau segar ini merupakan jenis yang banyak disukai. Meskipun warna daging buahnya pucat kekuningan seperti mangga muda tetapi rasanya renyah dan manis. Itulah keunggulan jenis mangga ini.

Varian mangga Nam Doc Mai yang banyak disukai adalah Ivory alias si gading. Sebutan ini mengacu pada warna buah yang kuning muda mulus. Mangga ini kulitnya tipis, daging buahnya nyaris tidak berserat sehingga mudah dipotong.

Aromanya memang asam segar mirip mangga muda dengan warna kuning mulus seperti kulitnya. Namun, jangan salah sangka, rasa buah ini sungguh manis, tidak ada jejak asam sama sekali. Karenanya si gading ini sangat disukai orang terutama saat sudah masak.

Kalau ingin mencicipi buah ini, mampir saja ke toko buah atau kios buah. Harganya juga relatif murah. Kadang-kadang lebih murah dari mangga jenis lokal.

(dev/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com