Ote-Ote Isi Tiram Hmm... Uenak Tenan

- detikFood Selasa, 23 Mar 2010 18:25 WIB
Jakarta - Ote-ote yang satu ini memang unik dan beda dari yang ote-ote yang biasa ditemui. Selain ukurannya sedikit lebih besar, isinya juga cukup unik karena berupa tiram segar. Gigitan rawit yang pedas mengigit membuat rasanya hmm... uenak tenan!

Gorengan asal Jawa Timur yang satu ini memang banyak dijumpai baik di kaki lima maupun di warung-warung makan. Sekilas tampangnya memang mirip bakwan namun sebenarnya sedikit berbeda karena ote-ote biasanya ditambahkan udang. Untuk membuat ote-ote sebenarnya tak sulit, yaitu adonan tepung tinggal ditambahkan irisan wortel, tauge, daun seledri dan terkadang juga kol.

Setelah itu masukkan pula bumbu ke dalam adonan seperti bawang putih, bawang merah, garam, daun jeruk purut. Nah, untuk membuat bentuk ote-ote terlihat bundar dipakai cetakan khusus bergagang kayu yang dicelupkan di dalam minyak panas. Sehingga adonan ote-ote tinggal dituangkan ke dalam cetakan hingga berwarna kuning keemasan.
 
Di Porong, Jawa Timur terdapat penjual ote-ote yang cukup terkenal dengan sebutan Ote-Ote Porong. Jenis ote-ote ini memang sedikit berbeda dan unik karena isinya berupa tiram segar. Ote-ote Porong sudah dikenal sejak puluhan tahun silam. Si penjual Ote-ote Porong ini lokasinya ada di depan pasar Porong. Jadi kalau mau mencicipi ote-ote Porong yang asli haruslah datang ke langsung kesana tentunya.

Meskipun bentuknya tak jauh berbeda dari ote-ote biasa namun gurih enak si tiram yang membuatnya sangat digemari. Warnanya tidak kuning kecoklatan melainkan cokelat kehitaman karena sembulan tiram-tiram di permukaannya. Hanya ditemani dengan cabai rawit hijau yang pedas huah... huah ote-ote ini pastinya jadi camilan yang uenak tenan!



(dev/Odi)