Alat Praktis Bikin Tumpeng

- detikFood Senin, 04 Jan 2010 18:28 WIB
Jakarta - Kesulitan saat membuat tumpeng saat ada syukuran ataupun acara tujuh belasan? Tak perlu khawatir. Karena sekarang membuat tumpeng cukup mudah. Tak perlu takut bentuknya tidak beraturan atau bahkan miring-miring. Dengan alat ini, tumpeng cantik siap disajikan!

Nasi tumpeng memang cukup akrab dengan masyarakat Indonseia. Dulu hampir setiap acara syukuran, hajatan, atau apapun selalu identik dengan penyajian tumpeng. Nasi yang digunakan untuk membuat tumpeng adalah nasi kuning, atau nasi uduk. Dulu orang membuat tumpeng menggunakan anyaman bambu untuk mengaron nasi yang berbentuk kerucut.

Ukurannya biasanya besar. Anyaman bambu berbentuk kerucut ini sekarang tak mudah dijumpai. Tapi tak perlu khawatir, karena untuk bisa membuat tumpeng tak perlu menggunakan alat itu lagi. Karena kini sudah tersedia cetakan tumpeng yang terbuat dari aluminium.

Ukurannya pun bermacam-macam, tergantung dengan kebutuhan. Ingin yang kecil, sedang, ataupun besar semuanya tersedia. Cetakan tumpeng ini jauh lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan cetakan tumpeng yang terbuat dari anyaman bambu. Selain itu, nasi tumpeng pun dijamin tidak akan rusak karena permukaan cetakan yang lebih halus.

Untuk mendapatkan cetakan ini pun cukup mudah. DI beberapa toko bahan kue besar di Jakarta menjual cetakan tumpeng seperti ini. Selain itu, ada juga beberapa toko peralatan rumah tangga yang menjualnya. Acara syukuran pun bisa terlaksana dengan tumpeng cantik kreasi Anda.

(eka/Odi)