Kepincut Rempeyek Mbok Tumpuk

- detikFood Kamis, 17 Des 2009 14:56 WIB
Jakarta - Suka dengan camilan yang renyah? Pasti Anda akan jatuh hati dengan makanan yang satu ini. Meskipun tebal, rasanya tetap kres..kres..renyah dan gurih! Semakin banyak taburan kacangnya rasanya akan menjadi semakin enak. Coba saja!

Pernah dengar nama Rempeyek Mbok Tumpuk? Rempeyek mbok Tumpuk atau peyek mbok tumpuk ini memang sudah terkenal sejak lama. Jajanan khas kota Bantul, Jogyakarta ini namanya sudah tersohor hingga ke kota-kota lain di Pulau Jawa. Rempeyek ini bisa dibilang unik jika dibandingkan dengan rempeyek biasa.

Dari segi rasa, rempeyek ini juga cukup berbeda. Buat saya ini lebih enak. Warna rempeyek ini putih, tidak kuning kecokelatan. Hal ini dikarenakan penggunaan tepung kanji sebagai campurannya selain tepung terigu. Meskipun begitu, rasanya tetap saja renyah. Malah lebih garing! kres..kres..

Adonan tepung diberi bumbu seperti ketumbar, bawang , kemiri, garam, santan dan telur. Tak heran jika rasanya gurih dan renyah, bikin nagih! Rempeyek mbok tumpuk ini cukup sulit membuatnya, karena proses memasaknya tidak hanya sekali.

Pada proses menggoreng hal ini menjadi kunci yang mentukan hasil rempeyknya garing atau tidak. Proses menggorengnya dilakukan berulang hingga tiga kali loh! Proses menggoreng yang pertama adalah untuk membentuk rempeyek hingga bertumpuk-tumpuk. entu saja memakai minyak banyak dan panas yang cukup. Kemudian dipindahkan ke wajan yang kedua untuk mematangkan rempeyek. Setelah matang, rempeyek didiamkan selama satu hingga dua hari agar minyaknya tiris.

Proses menggoreng yang terakhir dilakukan hari berikutnya. Rempeyek digoreng dalam minyak yang panas sekali dalam beberapa saat dengan wajan besar di atas tungku tanah liat hingga warnanya sedikit keputihan. Dengan proses ini kacang tanah utuhpun jadi matang sempurna dan sangat renyah. Barulah rempeyek dikemas dan siap dipasarkan. Rasa rempeyek ini jauh lebih renyah jika dibandingkan dengan rempeyek kacang yang biasa.

Rempeyek Mbok Tumpuk ini sudah dikenal sejak tahun 1975. Dulu hanya bisa ditemukan di daerah Bantul saja. Tapi kini, Rempeyek Mbok Tumpuk sudah merambah ke kota-kota disekitarnya. Di sentra oleh-oleh khas Jogja pun bisa ditemukan. Kalau ingin bisa mencoba membuatnya di rumah, ternyata toko nya yang berlokasi di Jl.Wahid Hasyim, Bantul ini membuka kursus membuat rempeyek tumpuk loh! Meskipun yang mengajarnya bukan lagi mbok Tumpuk, karena beliau telah meninggal. Jadi, Anda pun bisa menikmati rempeyek tumpuk setiap hari.

(eka/Odi)