Engkak Ketan, Kue Kuno Asli Palembang

- detikFood Rabu, 21 Okt 2009 15:37 WIB
Jakarta - Sepintas kue ini mirip dengan kue lapis legit. Warnanya cokelat berlapis kuning cantik. Tapi siapa sangka kalau bahan dasar kue ini ternyata berbeda dengan kue lapis biasa. Seperti apa sih kuenya Wong Kito ini?

Jangan mengaku penggila kue tradisional kalau belum pernah mencicipi kue yang satu ini. Kue lapis khas Palembang, Sumatera Selatan ini cukup unik karena berbahan dasar ketan. Rasanya kenyal-kenyal dengan rasa manis yang pas. Tak heran karena menggunakan ketan sehingga teksturnya sedikit kenyal lembut.

Anda tak perlu khawatir akan lengket saat memakannya, karena di dalam bahannya menggunakan santan sehingga tidak menjadikan kue ini lengket. Engkak Ketan atau kue lapis ketan ini biasanya disajikan saat ada perhelatan besar atau saat hari raya. Tapi sekarang tanpa harus menunggu hari raya atupun perhelatan Anda juga bisa menikmatinya.

Meski begitu, di Jakarta tak banyak toko kue yang menjual kue kuno seperti ini. Mungkin karena proses pembuatannya yang termasuk sulit karena membutuhkan kesabaran ekstra sehingga jarang sekali orang yang menjual kue sejenis ini. Anda bisa menemukan engkak ketan ini di Toko Kue Sindoro yang berlokasi di Jl. Tanah Abang II.



(eka/Odi)