Kenyal Manis si Mata Kebo

- detikFood Rabu, 07 Okt 2009 16:36 WIB
Jakarta - Makanan manis sedikit kenyal ini termasuk dalam jenis jajan pasar yang cukup jarang ditemui kalau tidak dalam acara khusus. Bentuknya bulat dan ada potongan pisang ditengahnya. Rasanya manis kenyal cocok untuk teman di sore hari.

Mungkin merasa 'ngeri' saat pertama kali mendengar namanya. Yak, banyak yang menyebutnya 'Mata kebo' atau kue kaca mata karena bentuknya yang menyerupai mata. Kue tradisional khas jawa ini cukup sulit sekali ditemui kalau tidak ada acara khusus yang menyediakan jajan pasar.

Kue ini cukup sederhana dan terbilang murah. Mengapa? Karena bahan dasarnya yang mudah ditemukan dan juga harganya yang relatif murah. Kue Mata Kebo ini terbuat dari singkong yang diparut yang sudah diberi sedikit gula dan juga vanili. Tak heran jika aromanya sedikit harum.

Agar lebih cantik singkong yang sudah diparut diberikan sedikit pewarna, biasanya warna yang digunakan hijau atau merah muda. Adonan singkong yang sudah dicampur dengan gula dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Dan diselipkan pisang dibagian tengahnya.

Kue yang sudah matang dan didinginkan, barulah dipotong-potong. Pisang yang terselip di bagian tengah inilah yang saat dipotong mirip dengan mata. Oya, ada juga yang mencampurkan adonan singkong dengan agar-agar bening ataupun agar-agar warna. Selain memberikan efek warna, konon rasanya jadi lebih enak. Nah, kue kaca mata yang sudah dipotong potong tadi diberi taburan kelapa parut dan siap menjadi teman minum teh Anda di sore hari.



(eka/Odi)