ADVERTISEMENT

Nata de Coco, Si Kenyal Manis dan Kaya Serat

- detikFood
Senin, 31 Agu 2009 16:44 WIB
Jakarta - Siapa yang tak kenal nata de coco? Makanan yang terbuat dari air kelapa ini warnanya bening mirip jelly dengan tekstur kenyal yang enak. Di bulan puasa nata de coco merupakan salah satu makanan yang paling dicari karena bisa dijadikan minuman segar yang pas untuk berbuka!

Sebenarnya apa itu nata de coco? Nata de coco sebenarnya terbuat dari bahan dan peralatan yang sederhana yaitu air kelapa yang difermentasikan dengan bantuan bakteri Acetobacter Xylinum. Bakteri tersebut dapat membentuk nata jika ditumbuhkan dalam air kelapa yang sudah diperkaya dengan karbon dan nitrogen. Pembentukan nata de coco hanya bisa berlangsung di suhu yang ruangan yang hangat, ruangan dengan suhu yang berubah dapat membuat nata de coco gagal mengeras.

Konon nata de coco pertama kali dibuat di Philipina dan nama 'nata de coco' diambil dari bahasa Spanyol yang berarti 'krim kelapa'. Sebenarnya tak harus menggunakan bakteri Acetobacter Xylinum, penggunaan ampas nenas juga bisa dijadikan alternatif dalam pembuatan nata de coco ini. Di Indonesia nata de coco awalnya mulai diperkenalkan ke masyarakat sekitar tahun 1975.

Kini nata de coco banyak dijual di supermarket dalam berbagai berbagai merk dan kemasan seperti botol atau plastik. Nata de coco biasanya dijual dalam rendaman air gula yang bertujuan untuk mengawetkan nata de coco agar tahan lama. Buat yang ingin rasanya tak terlalu manis air gula ini dibuang saat akan dimakan. Nata de coco yang kualitasnya baik adalah yang warnanya putih bening.

Nata de coco paling banyak digunakan sebagai campuran membuat es karena rasanya yang kenyal manis seperti jelly. Bahkan nata de coco juga dijual dengan aneka rasa seperti mangga, leci, strawberry, pandan, dll. Ada pula sudah dicampur biji selasih dan sirop hingga tinggal dinikmati dengan campuran es batu.

Meskipun rendah dalam soal asupan gizi, tetapi nata de coco memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Hal ini membuatnya seringkali dikonsumsi oleh mereka yang sedang berdiet. Selain sebagai campuran es buah, nata de coco juga enak dicampurkan dalam kolak, puding, es krim, koktail buah, manisan, atau dimakan begitu saja. Mau?



(dev/Odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT