ADVERTISEMENT

Sluurp! Segarnya Es Daluman

- detikFood
Jumat, 05 Jun 2009 15:18 WIB
Jakarta - Siapa sih yang tak suka dengan minuman manis ini? Selain mampu meredam hawa panas, juga bisa mengobati panas dalam. Kalau biasanya dikucuri dengan sirup merah, kali ini berbeda. Seperti apa sih, es dari pulau Dewata ini?

Es daluman atau es cincau hijau untuk masyarakat Bali ini sepintas memang tak ada bedanya dengan es cincau hijau pada umunya. Cincaunya dibuat sendiri atau home made dari daun daluman atau daun cincau, tapi yang membedakan adalah kuah santannya.

Kalau biasanya menggunakan santan biasa, es daluman menggunakna santan dari kelapa bakar. Sehingga kuahnya meninggalkan jejak gosong harum yang sangat enak kalau dimakan. Selain itu juga sebagai pemanis es daluman ini menggunakan gula aren, sehingga rasanya jadi semakin mantap! Rasa manis legitnya mampu meredam rasa pedas masakan Bali.

Untuk dapat menemukan es daluman ini mungkin sedikit sulit. Di beberapa resto Bali saja belum tentu menyediakan. Tapi es daluman ini bisa ditemukan di Sapi Bali resto yang berlokasi di Jl.Cikajang Kebayoran. Rasa esnya legit enak dan bisa menyegarkan suasana. Nah, kalau sudah tak sabar untuk mencobanya, silahkan saja langsung meluncur ke Sapi Bali yang ada di Cikajang. Selamat mencoba!

(eka/Odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT