Combro Aliran Baru

- detikFood Rabu, 20 Mei 2009 14:32 WIB
Jakarta - Combro klasik biasnya berisi adonan oncom plus bumbu yang pedas-pedas gurih. Yang satu ini justru memakai variasi isi yang sangat banyak. Bukan hanya itu, bentuk combro yang biasanya bulat lonjongpun dibuat menjadi bulat panjang, bulat pipih dan segitiga. Gimana ya rasa combro model baru ini?

Combro alias 'oncom di jero' merupakan salah satu penganan dari singkong yang banyak penggemarnya. Singkong diparut lalu dicampur dengan kelapa parut. Isinya berupa oncom yang ditumis dengan bumbu cabai dan bawang. Adonan singkong diisi oncom berbumbu ini lalu dibentuk bulat pipih dan digoreng. Rasanya tentu saja gurih, renyah dan enak. Apalagi ditambahkan cabai rawit di dalamnya.

Jika adonan singkong diberi gula merah dinamai 'misro' alias 'amis di jero' atau manis di dalam. Dari adonan singkong dan kelapa inilah ternyata bisa dibuat beragam jenis combro genre baru. Seperti yang dilakukan oleh sebuah warung di kawasan Kelapa Gading bernama 'Elizabeth.Com-Bro'

Bukan hanya karena spanduk yang unik dan mencolok tetapi juga tawaran berbagai isian combro yang menggugah rasa ingin tahu. Ternyata warung yang berlokasi di sebuah ruko ini menaruh wajan penggorengan di bagian luar dan lemari kaca kecil tempat memajang aneka combro yang sudah matang ada di bagian dalam.

Ukuran combronya lebih kecil dari combro biasa. Isian yang ditawarkan cukup menggiurkan. Ada yang berisi ayam lada hitam, keju, sosis, kornet, oncom dan gula merah. Yang menarik, bentuk combropun sudah berubah dari aslinya. Tidak bulat lonjong lagi Ada yang segitiga agak cembung, bulat agak pipih kayak perkedel dan bulat lonjong. Rupanya bentuk tersebut sebagai tanda isiannya.

Rasanya? Hmmm..meskipun tak terlalu biasa tetapi enak juga. Apalagi potongan ayam berbumbu merica hitam yang pedas menggigit sangat pas dengan singkong yang gurih. Paduan keju dan sosis juga terasa gurih-gurih enak. Syaratnya hanya satu, combro aneka isi ini paling top enaknya jika masih panas mengepul. Gurih-gurih wangi!

Kalau ingin mencicipi combro genre baru ini bisa mampir ke Elizabeth.Com-Bro, Combro Aneka Rasa, di kawasan Kelapa Gading atau telpon saja di 021-452-9446 untuk pesan antar. Harga combro baru ini cukup murah Rp. 2.000,00 per buah.



(eka/Odi)