Kriuk..Kriuk.. Semprong Wijen

- detikFood Kamis, 06 Nov 2008 16:58 WIB
Jakarta - Bentuknya ada yang silinder kecil memanjang, ada juga yang dilipat menjadi segitiga ataupun persegi panjang. Rasanya kriuk..kriuk renyah gurih, tinggal pilih mau yang manis ataupun yang asin. Sekali makan pasti ingin lagi dan lagi.

Beberapa waktu lalu ketika saya berkunjung ke kota Pemalang, saya menemukan makanan yang sudah lama sekali tak pernah saya temukan. Yak, kue semprong namanya. Rasanya yang gurih renyah ini memang menjadi camilan favorit saya. Dulu penjaja kue semprong sering kali lewat depan rumah, tapi tidak sekarang ini.

Penjaja kue semprong sudah sangat jarang sekali, dan kalaupun ada rasanya sudah sangat berbeda. Di kota Pemalang, ternyata ada sentra pembuat kue semprong. Industri rumahan yang cukup berkembang pesat itu kini sudah merambah ke toko-toko yang berada di pusat kota.

Pilihan rasanya memang hanya ada dua, manis dan asin. Tapi yang menjadikannya istimewa adalah taburan wijen yang menjadikan kue yang satu ini memiliki harum yang khas. Ada juga yang sedikit diberikan aroma jahe. Wah, kalau sudah dihadapkan dengan camilan ini rasanya lidah ini tidak mau berhenti bergoyang. Kriuk..kriuk..renyah apalagi ditemani secangkir kopi ataupun teh manis yang masih mengepul hangat.

(eka/Odi)