Loukoumades, Donat Yunani Yang Legit

- detikFood Jumat, 05 Sep 2008 15:55 WIB
Jakarta - Makanan dari negeri para dewa ini berbentuk bulat-bulat dengan rasa yang sedikit tawar namun pas dipadu padankan dengan manisnya madu. Hmm..sangat cocok untuk menu pembuka puasa Anda.

Kalau bosan dengan tempe goreng tepung atau tahu berontak sebagai menu pembuka puasa sore nanti, mungkin jajanan khas Yunani ini bisa menjadi menu berbuka yang menarik. Loukoumades namanya, sepintas tampaknya tidak ada yang istimewa.

Berbentuk bulat-bulat ukuran sedang dimasak dengan cara digoreng, dan disajikan bersama lelehan madu dan dengan taburan kacang.

Gigitan pertama Loukoumades ternyata tidak ada bedanya dengan menggigit sepotong kue bantal, hanya saja rasanya yang lebih kenyal dan empuk membuatnya sedikit berbeda. Tak heran karena bahan utamanya adalah tepung, telur, air, dan yeast.

Dan ternyata di negara asalnya sana, loukoumades ini adalah donatnya orang Yunani. Bisa disajikan bersama simple sirup atau dengan madu. Ada juga yang menaburkan gula halus diatasnya. Hmm..kalau ada taburan gula jadi lebih mirip poferttjes yah?

Rasanya yang lebih tawar jika dibandingkan dengan kue bantal, berkolaborasi cantik dengan lelehan madu. Apalagi ditambah dengan taburan kacang kres..kress. Hmm..meski rasa dan penampilannya hampir sama seperti makanan kampung (kue bantal) tapi bisa jadi pilihan menarik untuk menu berbuka loh! (eka/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com