Rendang Ayam Suwir, Hidangan Fusion Untuk Berbuka Puasa

- detikFood Senin, 14 Jul 2014 11:49 WIB
Jakarta -

Tidak terasa bulan Ramadan kini sudah mencapai pertengahan. Biasanya pada masa-masa ini ada satu masalah klasik yang sering ditemui para ibu yaitu kehabisan ide untuk menu berbuka puasa. Sebagai pilihan menu istimewa dan bergizi biasanya para ibu menghidangkan opor ayam atau rendang yang menjadi favorit selama Ramadan. Tetapi, menyajikan opor ayam dan rendang terus-menerus juga pastinya membosankan.

Sebagai variasi menu berbuka puasa coba saja membuat hidangan Rendang Ayam Suwir. Hidangan ini merupakan fusion antara opor ayam dan rendang yang rasanya menggugah selera makan. Coba bayangkan nasi panas mengepul dipadu gurih pedas daging ayam berbalut aroma khas bumbu rendang. Menyantapnya pun tidak usah repot karena daging ayam sudah di-suwir. Hmm… nikmat.

Sesuai dengan namanya, hidangan ini berbahan dasar daging dada ayam. Untuk menambah wangi dan gurih khas rendang, dada ayam dimasak dengan santan ditambah daun kunyit, serai, daun jeruk dan cabai. Agar aroma dan rasa sajian Rendang Ayam Suwir lebih mantap, kelapa sangrai ditambahkan pada saat memasaknya.

Sebagai tips agar cita rasa Rendang Ayam Suwir lebih nikmat, gunakanlah bumbu penyedap Royco Rasa Ayam. Selain itu, cara memasak kelapa sangrai yang digunakan sebagai bumbu tambahan juga harus tepat.

Untuk membuat kelapa sangrai, pilihlah kelapa yang tidak terlalu tua tetapi juga tidak terlalu muda. Parut kelapa dengan arah memanjang agar serat kelapa juga memanjang setelah disangrai. Sangrai kelapa dalam wajan menggunakan api kecil. Agar hasil kelapa sangrai berwarna cokelat merata, kelapa harus terus menerus diaduk.

Jika ingin menghemat waktu dan tenaga kelapa sangrai juga dapat dibuat menggunakan oven. Caranya ratakan kelapa parut di atas loyang dan panggang selama 5-10 menit dalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan dengan suhu 160 C. Agar warnanya cantik merata, aduk kelapa parut setiap beberapa menit.

Bagaimana, siap mencoba menu fusion ini? Kunjungi www.royco.co,id untuk memperoleh resep lengkap dan video tutorial untuk memasak Rendang Ayam Suwir. Selain Rendang Ayam Suwir masih banyak lagi resep hidangan lezat bergizi yang cocok untuk dihidangkan selama Ramadan di website ini. Kehabisan ide untuk menu sahur atau berbuka? Segera kunjungi www.royco.co.id.

(adv/adv)