Gurih Pedas Ayam Tangkap, Hidangan Spesial Nangroe Aceh Darussalam

- detikFood Senin, 14 Jul 2014 00:00 WIB
Jakarta -

Hidangan istimewa khas Aceh ternyata bukan hanya Mie Aceh saja. Ada satu lagi hidangan unik yang nikmat beraroma dari kota berjuluk serambi Mekkah tersebut yaitu Ayam Tangkap. Hidangan ini berbahan dasar ayam kampung yang dibumbui daun salam koja (temurui), daun pandan, bawang merah dan bawang putih serta cabai, lalu digoreng.

Hidangan ini memang istimewa dan jarang ditemui di kota-kota lain di luar Nangroe Aceh Darussalam. Tetapi di kota asalnya hidangan ini adalah santapan wajib di setiap rumah dan sudah menjadi bagian dari budaya. Namanya yang unik konon terinspirasi dari kebiasaan orang Aceh menangkap ayam hidup-hidup sebelum dimasak untuk memastikan daging ayam masih segar dan menambah nikmat hidangan.

Apabila memesan Ayam Tangkap di restoran khas Aceh, jangan kaget dengan tampilannya yang memang tidak rapi. Ayam yang digoreng disajikan bersama dengan helai utuh daun salam koja (temurui) dan pandan serta potongan rempah dan cabai hijau berukuran besar-besar. Ini karena pada proses memasaknya, daun rempah, bawang, dan cabai yang digunakan untuk membumbui ayam digoreng bersamaan hingga renyah. Tapi dari segi rasa dan aroma hidangan ini nikmat bukan main.

Ayam Tangkap adalah sajian yang istimewa untuk dicoba dan cocok sebagai pilihan menu berbuka puasa di bulan Ramadan. Selain rasa dan aromanya yang menggoda selera, hidangan ini juga kaya gizi. Ayam kampung yang menjadi bahan pembuatnya diternak dengan alami tanpa melibatkan pakan berbahan kimia dan obat-obatan. Kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya lebih banyak dan rasa dagingnya lebih nikmat.

Sebelum digoreng daging ayam kampung terlebih dahulu dibumbui dengan rempah-rempah yang dapat memberi manfaat bagi tubuh. Potongan ayam goreng yang krenyes ditambah dengan aroma daun rempah khas Aceh benar-benar menggugah selera. Rasa daging ayam yang gurih berbalut pedas dari cabai hijau akan menambah selera makan.

Sulit menemukan rumah makan khas Aceh untuk mencicip hidangan ini? Jangan khawatir karena hidangan ini dapat dihadirkan di rumah Anda. Mampir saja ke website Royco (www.royco.co.id) untuk memperoleh resep hidangan istimewa ini. Informasinya lengkap, mulai dari bumbu yang diperlukan hingga cara memasaknya.

Cara memasak Ayam Tangkap memang susah-susah gampang tetapi jangan takut karena Royco juga sudah merangkum tips-tips memasak hidangan ini. Supaya lebih praktis dan nikmat jangan lupa tambahkan Royco Bumbu Komplit Ayam Goreng yang diramu dengan sempurna dari bumbu-bumbu pilihan berkualitas. Hidangan Ayam Tangkap Anda jadi lebih istimewa.

Selain Ayam Tangkap masih banyak resep lain di www.royco.co.id. Serangkaian resep hidangan sehat dan mudah disiapkan ada di sana. Anda tidak perlu bingung atau kehabisan ide menyiapkan hidangan untuk sahur ataupun berbuka cukup kunjungi www.royco.co.id.

(adv/adv)