Mengolah Daging Ayam Kampung Untuk Hidangan Selama Ramadan

- detikFood Senin, 07 Jul 2014 00:00 WIB
Jakarta -

Daging ayam kampung dikenal memiliki lebih banyak manfaat kesehatan dibandingkan dengan ayam potong. Ayam kampung diternak secara alami tanpa melibatkan obat-obatan dan zat kimia. Selain itu tidak seperti ayam broiler, rasa daging ayam kampung lebih gurih dan tidak ada lapisan lemak.

Meski harganya mahal dan bentuk tubuhnya lebih ramping, daging ayam kampung punya beragam manfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh selama berpuasa. Daging ayam kampung memiliki kandungan vitamin B6, 19 jenis protein, asam amino dan omega 3 yang cukup tinggi untuk menjaga kesehatan jantung. Sementara mineral seperti kalsium dan fosfor yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan kekuatan tulang.

Selain kaya manfaat kesehatan, ternyata daging ayam kampung mudah diolah menjadi beragam hidangan istimewa. Salah satunya adalah Ayam Tangkap, hidangan khas Nangroe Aceh Darussalam yang menggugah selera. Daging ayam bertekstur renyah, sedangkan rasanya gurih pedas dan beraroma rempah. Sangat menggugah selera makan.

Ikuti langkah berikut untuk menyiapkan hidangan Ayam Tangkap khas Aceh di rumah baik sebagai menu sahur ataupun berbuka.

1. Siapkan satu ekor ayam kampung berukuran sedang (800 gram) dan potong menjadi beberapa bagian. Bahan-bahan lain yang harus disiapkan adalah 30 lembar daun salam koja (temurui/kari), 6 butir bawang merah diiris tipis, 2 batang serai yang sudah dimemarkan, 3 buah cabai merah keriting, 2 lembar daun pandan dipotong seukuran 2 cm dan 800 ml air. Jika ingin cita rasa lebih pedas, dapat juga ditambahkan beberapa butir cabai rawit yang dimemarkan.

2. Ungkep ayam dalam wajan menggunakan air dan bumbu Royco Bumbu Komplit Ayam Goreng. Bumbu ini diracik dengan bumbu masak lengkap pilihan dengan takaran yang pas untuk menambah kelezatan. Agar bumbu meresap dan daging ayam empuk, ungkep ayam hingga air surut.

3. Siapkan minyak goreng dalam wajan dan goreng ayam bersama dengan bumbu-bumbu lainnya yang sudah disiapkan. Sebagai tips pada saat menggoreng sebaiknya ayam seluruhnya terendam dalam minyak panas agar daging matang sempurna dan kulit ayam renyah. Selain itu daun salam koja (kari/temurui) sebaiknya dimasukkan sesaat sebelum ayam matang agar tetap hijau segar dan aromanya terjaga.

4.Angkat dan tiriskan ayam setelah berwarna kuning kecokelatan. Siapkan piring saji dan hidangkan di meja makan Anda.

Resep lengkap dan tips-tips memasak hidangan khas ini dapat diperoleh di website Royco (www.royco.co.id). Tidak hanya Ayam Tangkap saja, masih banyak resep-resep hidangan lezat, sehat dan bergizi dengan cara memasak yang mudah di website ini. Tunggu apa lagi, segera klik www.royco.co.id dan cari ide resep masakan istimewa untuk sahur dan berbuka puasa bersama keluarga.

(adv/adv)