Mudah & Mewah, Resep Bakwan ala Chef Ini Cocok buat Menu Buka Puasa

Advertorial - detikFood
Minggu, 17 Apr 2022 00:00 WIB
adv_kanzler
TikTok/@chefnausa
Jakarta - Buka puasa identik dengan aneka takjil, termasuk gorengan. Takjil sejuta umat ini memang rasanya tak boleh terlewat dalam momen berbuka. Bahkan, banyak orang merasa belum lengkap jika tidak menyantap gorengan saat berbuka.

Bicara soal gorengan, ada satu tren gorengan kekinian yang ditemukan dalam tagar #BakwanAlaChef ramai di media sosial. Tren ini menampilkan berbagai resep bakwan mewah renyah dan berdaging yang terinspirasi oleh para chef ternama seperti Chef Arnold, Chef Willgoz, dan Chef Martin Praja.

Saking ramainya, resep ini pun banyak di-recook oleh para influencer, termasuk content creator Chef Nausa, lewat akun Tiktok @ChefNausa. Ia membagikan momen eksperimen menggoreng bakwan yang disulap jadi lebih mewah dengan tambahan sosis di dalamnya.

Setelah ditelisik lebih jauh, ternyata content creator tersebut menggunakan salah satu merk sosis yang populer di kalangan foodies, yaitu Kanzler Cocktail Series. Content creator lainnya yaitu Yackikuka di Instagram-nya juga membuat hal yang sama. Bahkan, konten Bakwan ala Chef miliknya telah dilihat lebih dari 3 juta penonton. Penasaran cara membuatnya? Simak resepnya berikut ini.

Bahan (untuk +/-15pcs)

  • 1 buah wortel ukuran sedang
  • 1/4 buah kol
  • 1-2 batang bawang daun
  • 5-10 pcs Kanzler Cocktail Series
  • 8 sdm (sendok munjung 120 gr) terigu
  • 4 sdm (sendok munjung 60 gr) maizena
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt merica
  • 1/2 sdt baking powder
  • 150-200 ml air

Cara Membuat

1. Potong tipis wortel, kol, dan daun bawang sesuai selera.

2. Potong Kanzler Cocktail Series

3. Campur terigu, maizena, garam, kaldu bubuk, merica, dan baking powder. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata dan tidak menggumpal.

3. Masukkan sayur dan sosis yang sudah dipotong. Aduk rata.

4. Panaskan minyak, tuang 1 sdm adonan, lalu goreng dengan api kecil.

5. Angkat dan tiriskan.

Mudah sekali bukan membuatnya? Selain mudah, Bakwan Ala Chef ini juga lezat sehingga cocok jadi ide menu buka puasa. Apalagi bakwan ini punya tekstur garing di luar dan lembut di dalam.

"Sumpah ini enak banget karena pakai Kanzler Cocktail Series, cocok buat takjil buka puasa," ujar Chef Nausa dalam video tersebut.

adv_kanzler

TikTok/@chefnausa

Chef Nausa menjelaskan saat membuat bakwan, menambahkan protein juga jadi hal yang penting. Dalam video tersebut, Chef Nausa menggunakan Kanzler Cocktail Series varian Frankfurter Cocktail sebagai proteinnya.

"Jadi, bakwan yang bagus itu harus balance antara sayur dan protein. Jadi, baba di sini pakainya Kanzler Cocktail Series," katanya.

Hmmm, kebayang ya tiap gigitan bakwan berasa ada dagingnya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera upgrade menu takjil dengan recook resep #BakwanAlaChef untuk buka puasa. (adv/adv)