Selamat! Ini 5 Peserta Final Kreasi Liwetan Sambal Nusantara

Advertorial - detikFood Rabu, 19 Jan 2022 00:00 WIB
adv_heinz
Jakarta - Untuk kedua kalinya, Sambal ABC bersama detikcom mengadakan kompetisi kreasi masakan nusantara dengan menu liwetan. Liwetan dipilih karena menjadi salah satu masakan khas Indonesia yang kaya akan rempah dan selalu menggoyang lidah penikmatnya.

Masakan khas sunda ini dimasak dengan paduan santan, kaldu dan rempah-rempah khas Indonesia yang menghasilkan aroma dan rasa yang khas, sangat cocok disantap dengan berbagai jenis lauk pauk. Tak lupa tambahan sambal akan semakin menambah selera makan penikmatnya.

Dalam keasliannya, nasi liwet disajikan di atas daun pisang dan dimakan beramai-ramai bersama anggota keluarga, teman atau kerabat lainnya. Kegiatan tersebut dikenal dengan nama 'ngeliwet'.

Lauk pauk yang disajikan saat ngeliwet juga sangat beragam jenisnya, mulai dari ikan/ayam yang digoreng atau dibakar, tempe dan tahu, ikan asin, lalapan hingga sambal yang menggugah selera. Semua perpaduan tersebut menghasilkan rasa yang lezat.

Berangkat dari hal tersebut, untuk membangkitkan kuliner khas nusantara Sambal ABC bekerja sama dengan detikcom mengadakan kompetisi Kreasi Liwetan bersama ABC Sambal Nusantara. Kompetisi tersebut menantang para peserta untuk membuat kreasi dari masakan liwetan yang memiliki berbagai lauk di dalamnya.

Mereka juga ditantang memadukannya dengan ABC Sambal Nusantara yang memiliki tekstur, aroma, dan rasa seperti sambal buatan sendiri.

Peserta diminta untuk membuat kreasi dari lauk yang merupakan ide sendiri dan akan dinilai oleh juri di babak Grand Final. Setelah melewati proses penjurian dari ide-ide para peserta, terpilihlah 5 peserta yang berhasil lolos menuju babak grand final. Adapun kelima peserta tersebut adalah:

  1. Dicky Dewantara
  2. Widi Widiyandari
  3. Erni Wulandari
  4. Jihan Nararya
  5. Maylsa Putri

Selamat kepada para finalis ya! Babak grand final akan dilaksanakan pada 22 Januari 2022. Di acara ini nantinya para peserta akan diminta untuk mempresentasikan hasil masakannya hingga pengumuman pemenang.

Dalam babak final yang akan diselenggarakan secara online, peserta diminta untuk memperhatikan dan mengikuti syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan seperti di bawah ini:

  1. Grand Final akan dilakukan secara online live streaming dari rumah masing - masing. Peserta dapat menggunakan peralatan pribadi.
  2. Peserta diwajibkan menyediakan sarana dan pra-sarana kebutuhan live streaming seperti akun zoom, laptop, jaringan yang stabil serta pencahayaan yang cukup.
  3. Peserta akan mendapatkan uang dari detikcom untuk pembelian bahan baku senilai Rp 500.000 dan peserta dapat menyiapkan sendiri bahan-bahan yang dibutuhkan.
  4. Saat Grand Final, semua bahan komponen liwet sudah dalam keadaan matang, sehingga peserta tinggal mengkreasikannya di depan juri. Peserta dipersilakan melakukan sedikit improvisasi dari ide yang telah dituliskan pada google form untuk mengkreasikan liwetannya.
  5. Seluruh ide yang dituliskan setiap peserta pada form pendaftaran sepenuhnya menjadi milik detikcom dan Heinz ABC. detikcom dan Heinz ABC diperbolehkan mempublikasikan gambaran ide kreasi resep yang dituliskan peserta tanpa harus izin terlebih dahulu kepada peserta.
  6. Selain 5 pemenang yang masuk Grand Final, 50 peserta terpilih lainnya berhak mendapatkan hampers dari Sambal ABC.
  7. Pajak hadiah ditanggung oleh pemenang. Hati-hati penipuan, detikcom dan Heinz ABC sebagai penyelenggara tidak mengadakan kompetisi lain di luar detikcom dan tidak akan bertanggung jawab atas penipuan yang mengatasnamakan pihak detikcom.
  8. Syarat dan ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dan persetujuan peserta terlebih dahulu.
  9. Informasi lebih lanjut email ke info@detik.com dengan subject: Kreasi Liwetan Vol 2

Penasaran siapa yang akan jadi pemenang tantangan ini? Saksikan keseruan Grand Final Kreasi Liwetan bersama ABC Sambal Nusantara pada Sabtu, 22 Januari 2022 secara live di detikcom ! (adv/adv)


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com