Wajib Coba! 4 Resep Legendaris Olahan Daging untuk Hangatkan Idul Adha

Advertorial - detikFood Jumat, 16 Jul 2021 00:00 WIB
adv bango Sate kambing saus pedas gurih (Foto: Bango)
Jakarta -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang diterapkan di wilayah Jawa-Bali dan sebagian luar Jawa-Bali membuat Idul Adha kali ini sedikit berbeda. Masyarakat disarankan merayakannya di rumah saja dan tidak menimbulkan kerumunan ramai.

Walaupun tidak dirayakan bersama keluarga, momen Idul Adha tak lengkap tanpa hidangan khasnya yang berbahan utama daging kambing, kerbau, atau sapi. Banyak menu berbahan daging yang dapat diolah di Idul Adha nanti. Apalagi Indonesia kaya akan kuliner, termasuk rempah-rempah yang menjadi bahan pendukung untuk mengolahnya.

Nah, buat kamu dan keluarga yang belum punya rencana masak olahan daging kurban saat Idul Adha nanti, ada beberapa resep dari Bango yang bisa jadi inspirasi. Apalagi masak di rumah aja menjadi pilihan yang bijak di tengah pemberlakuan PPKM Darurat oleh pemerintah. Dan tentu sajian ini pastinya melengkapi hangatnya Idul Adha.

  1. Sate Kambing

    Sate menjadi menu paling mudah diolah dari bahan daging. Sate juga menjadi makanan yang familiar di lidah orang Indonesia, dari yang berbahan ayam, kambing hingga sapi. Ada salah satu menu sate yang bisa diolah di Idul Adha nanti yaitu sate kambing saus pedas gurih.

    Pertama, kamu perlu merendam daging kambing dengan garam dan air jeruk nipis. Ini akan membuat daging kambing lebih segar. Adapun bumbunya merupakan penggabungan cabe, kacang tanah, santan dan Kecap Bango Manis.

    Selanjutnya, kamu hanya perlu mencocol tusuk demi tusuk sate ke kuahnya. Selengkapnya tentang bahan-bahan dan cara memasak sate kambing saus pedas gurih bisa cek di sini.

  2. Tengkleng Kambing
    adv bangoTengkleng (Foto: Bango)

    Menu daging kurban kedua yang bisa dicoba momen Lebaran Kurban nanti ialah Tengkleng Kambing. Tengkleng merupakan masakan sejenis sup dengan bahan utama tulang kambing. Sejarah tengkleng konon menurut para tetua di kota Solo hanya para bangsawan dan orang-orang Belanda saja yang bisa menikmati masakan daging kambing.

    Berbeda dengan tongseng dan gulai, tengkleng berkuah santan dan berbumbu tajam seperti gulai, meski kuahnya sedikit lebih encer. Bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara memasaknya pun terbilang mudah dilakukan. Kamu bisa mengecek bahan-bahan dan cara masaknya di sini.


  3. Gulai Kambing
    adv bangoGulai Kambing (Foto: Bango)

    Gulai merupakan masakan yang dapat dimasak dengan berbagai bahan baku seperti daging ayam, aneka ikan, kambing, sapi, jeroan, atau sayuran seperti nangka muda dan daun singkong, yang diolah dalam kuah bumbu rempah yang bercita rasa gurih. Tentu di Idul Adha ini, daging kurban yang didapat dari masjid terdekat bisa jadi bahan utama untuk membuat gulai.

    Gulai kambing juga sepertinya sudah menjadi menu wajib Idul Adha di kalangan masyarakat muslim Indonesia. Nah, buat kamu yang belum tahu bahan-bahan dan cara memasak gulai kambing secara umum dapat cek di sini.

  4. Nasi Goreng Kambing
    adv bangoFoto: Bango

    Inspirasi resep yang tidak praktis untuk mengolah daging kurban selanjutnya ialah Nasi Goreng Kambing. Ada berbagai menu nasi goreng kambing khas yang dapat dicoba untuk menu Idul Adha nanti, seperti nasi goreng kambing khas Jakarta, nasi goreng kambing kebuli, nasi goreng kambing ala Pedurenan, dan nasi goreng kambing ala Kebon Sirih.

    Nasi goreng kambing terkenal dengan paduan rempah aromatik, legit manis gurihnya kecap, hingga daging kambing yang harus karena rendaman bumbu. Apalagi saat ini kamu tidak perlu repot membuat menu ini karena kini terdapat Bango Bumbu Kuliner Nusantara Nasi Goreng Kambing yang sangat praktis serta tanpa pengawet.

    Keempat menu tersebut tentunya akan lebih lezat dimasak dengan kecap Bango, yang hanya terbuat dari 4 bahan alami dan pastinya aman untuk keluarga, serta menghangatkan momen Idul Adha tahun ini. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai resep kuliner legendaris lainnya dari Bango di sini.

(adv/adv)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com