5 Ide Menu Takjil yang Sehat dan Enak Sore Ini

Advertorial - detikFood Sabtu, 17 Apr 2021 00:00 WIB
aice Foto Ilustrasi: Shutterstock
Jakarta - Berbuka puasa menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Di awal bulan Ramadhan seperti sekarang, biasanya banyak orang yang menyiapkan berbagai hidangan untuk berbuka puasa, mulai dari beragam makanan pembuka atau biasa disebut takjil hingga menu utama.

Tak hanya milih enak, takjil juga harus bisa menyegarkan tenggorokan setelah seharian berpuasa dan tentunya yang sehat. Beberapa takjil bahkan menjadi primadona saat Ramadhan tiba. Mau tahu apa saja takjil yang bikin kamu nggak sabar menunggu waktu berbuka? Merangkum dari berbagai sumber, berikut 5 takjil yang wajib dicoba saat bulan Ramadhan.

1. Kolak Pisang, Kolak Biji Salak

Menu takjil buka puasa yang satu ini wajib banget ada saat bulan Ramadhan. Manisnya pisang dan kenyalnya kolang-kaling memang paling pas dipadukan dengan kuah manis yang terbuat dari gula merah, santan, sedikit garam, kayu manis, dan pandan.

Atau kolak biji salak juga merupakan varian lain dari menu kolak. Meski namanya kolak biji salak, tapi isian kolak ini terbuat dari ubi kuning yang dicampur dengan sedikit tepung sagu dan dibentuk menyerupai biji salak. Sedangkan untuk kuahnya sama-sama terbuat dari campuran gula merah, santan dan pandan.

Bagi yang mau mencoba enaknya kolak dan mendapat sehatnya, kuah manisnya bisa mengganti gula dengan stevia dan santannya diganti dengan fresh milk dan cream atau milk powder.

2. Es Timun Suri

Saat Ramadhan, Labu-labuan timun suri mendadak menjadi buah favorit untuk berbuka puasa. Timun suri selain kandungan airnya yang tinggi juga dikenal memiliki zat antioksidan termasuk vitamin C dan kalium yang tinggi. Kreasi es timun suri yang dipadukan dengan berbagai macam bahan lain, seperti cincau, selasih, buah kiwi, dan sirup. Sirup yang digunakan bisa dipilih yang tanpa perasa dan pewarna buatan. Dapat segarnya dan lebih sehat.

3. Es Blewah

Selain timun suri, buah favorit lainnya untuk dijadikan menu takjil yaitu blewah. Buah ini juga cocok dipadukan dengan berbagai macam bahan lain. Cukup serut buah blewah lalu kamu bisa tambahkan biji selasih, cincau, atau nata de coco. Tambahkan sirup, es dan air, jadilah es blewah yang begitu menyegarkan dan sehat.

4. Sop Buah

Takjil enak sekaligus sehat juga bisa kamu dapatkan lewat sop buah. Kamu bisa pilih sendiri buah-buah favorit seperti mangga, melon, semangka, buah naga, nanas, dan lain-lain. Tambahkan sedikit pemanis sehat seperti madu dan es batu untuk memberikan cita rasa manis yang menyegarkan.

5. Kreasi Es Krim Aice Dessert

Selain keempat takjil di atas, kamu juga bisa cobain takjil kekinian, antiribet yang pastinya enak dan menyegarkan yaitu es krim Aice.

Aice selalu memberikan inovasi pertama dalam varian- varian es krim yang enak. Seperti Aice Mochi, Aice Sweet Corn dan Aice Double Chocolate Crispy, di akun Instagramnya @AiceIndonesia juga ada banyak resep kreasi untuk dijadikan referensi menu buka puasa.

[Gambas:Instagram]

Aice Mochi merupakan pelopor mochi es krim di Indonesia. Kulit mochi yang kenyal sempurna merupakan hasil dari adonan yang terbuat dari bahan baku terpilih dan adonan yang dipukul hingga puluhan ribu kali hingga kenyal. Ada beberapa varian rasa dari Aice Mochi Mochi Vanilla dan juga ada rasa coklat, stroberi, durian dan kacang merah.

Aice Sweet Corn juga jadi pelopor es krim rasa dan bentuk jagung di Indonesia. Aice Sweet Corn ini sangat disukai banyak orang karena lapisan kulit jagung yang lebih wangi, ada sedikit aroma bakar/smoked di bagian kulit membuat rasanya pas dengan isian es krim rasa jagung saat lumer di mulut.

Sedangkan Aice Double Chocolate Crispy merupakan satu-satunya es krim di Indonesia, selain dua lapis cokelat juga dua lapis crispy-nya. Kedua cokelat crispy ini berada di bagian luar dan tengah es krim.

aice

Di bulan Ramadhan yang masih berada dalam kondisi pandemi ini, walaupun masih belum bisa sebahagia dulu berkumpul bersama teman teman, ada hadiah besar yang disediakan oleh Aice untuk menghibur kita semua. Program 'Jagoan Sehat Bawa Kejutan Hadiah Besar' yang dimulai pada 15 Maret-31 Juli 2021 dengan gampang kita bisa dapat hadiah besar sebagai penghibur di kala pandemi.

Traditional Market

  • Setiap pembelian 1 pieces Mochi, kamu akan mendapatkan 1 lembar 'Kartu Jagoan Sehat' yang lucu. Selain seru dan menarik, kartu ini juga mengedukasi konsumen seputar pencegahan COVID-19.
  • Setiap pembelian 1 pieces Chocolate Crispy atau Sweet Corn, kamu berkesempatan memenangkan hadiah Smart TV atau Smartphone atau Hoodie Aice Limited Edition.

Modern Market

  • Setiap pembelian Aice Mochi Assorted isi 10 pieces akan mendapatkan 1 pieces Masker Aice Limited Edition dan kupon berhadiah yang berkesempatan memenangkan hadiah Smart TV atau Smartphone atau Hoodie Aice Limited Edition
  • Setiap pembelian 1 pieces Chocolate Crispy atau Sweet Corn, kamu berkesempatan memenangkan hadiah Smart TV atau smartphone atau hoodie Aice limited edition.

Jangan sampai kelewatan hadiah keren di atas. Yuk, stok Aice di warung atau minimarket terdekat. Selain bisa dijadikan menu buka puasa, kamu juga bisa bawa pulang hadiah besar dari Aice di bulan Ramadhan! (adv/adv)


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com