Susu Kental Manis Bendera untuk Minuman Kekinian Anti Boncos

- - detikFood Selasa, 01 Sep 2020 00:00 WIB
adv frissian flag Kopi Kekinian dengan Susu Kental Manis Bendera. Foto: Dok. Frisian Flag
Jakarta - Sering boncos karena sering beli minuman kekinian? Jadikan Susu Kental Manis Bendera sebagai minuman kreasi kamu. Seperti diketahui, minuman kekinian, terutama kopi susu atau teh susu bisa dibilang menjadi minuman sejuta umat. Setiap orang pasti pernah merasakannya.

Bahkan dengan semakin berkembangnya industri minuman, variasi kopi dan teh semakin berkembang dengan berbagai rasa, teknik dan metode. Bisa dibilang, kopi dan teh kekinian semakin menjamur. Berdasarkan riset independen dari Toffin berkolaborasi dengan MIX MarComm SWA, jumlah kedai kopi di Indonesia hingga Agustus 2019 mencapai lebih dari 2.950 gerai, meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan pada 2016, yang hanya 1.000 gerai.

Dalam sebulan, rata-rata alokasi belanja untuk minuman kopi bisa mencapai Rp 200 ribu. Angka ini tentu bisa membengkak sesuai dengan kebiasan konsumsi. Maka dari itu, supaya tidak boncos kamu bisa membuat kopi dan teh kekinian di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana tanpa mengurangi rasa dari teh dan kopi tersebut? Bahan utama dan penting yang harus kamu siapkan tentunya adalah teh, kopi, dan susu kental manis.

Susu kental manis dan minuman kekinian

Kini, produk-produk varian susu kental manis dapat ditemukan hampir di semua tempat perbelanjaan dengan berbagai kemasan, mulai dari kaleng, pouch hingga sachet dengan berbagai ukuran. Mungkin ada satu atau dua produk susu kental manis yang ada di dapur. Ada banyak alasan kenapa susu kental manis menjadi salah satu bahan yang penting dimiliki.

Padahal, manfaat susu kental manis pada awalnya hanya ditujukan untuk daerah yang sulit mendapat akses terhadap susu segar. Kandungan susu dalam susu kental manis diatur agar mampu bertahan lama dengan rasa lezatnya yang terjaga. Sehingga orang-orang tetap bisa mendapatkan kandungan susu untuk berbagai variasi menu makanan dan minuman keluarga.

"Susu kental manis tercipta bermula dari permasalahan konsumsi susu di daratan Eropa pada masa awal-awal abad ke-19. Sejak dahulu sampai masa awal abad ke-19, permasalahan yang pelik yang sering dihadapi pada masa-masa yang mengkonsumsi susu segar itu cepat basi dan asam jika dibiarkan dan tidak langsung dikonsumsi selama belum ada teknologi pendingin. Masalahnya itu selalu basi, terbuang dan harus segera dikonsumsi," ujar Sejarawan Makanan Departemen Sejarah Universitas Padjadjaran Fadly Rahman, M.A.

Kandungan susu kental manis ini dibuat dengan mengubah susu segar dengan mengurangi (menguapkan) air susu sampai kandungan airnya tinggal sekitar 40%. Proses kondensasi dari komposisi susu kental manis ini bisa dianalogikan sama seperti kamu memasak kaldu atau saus untuk memusatkan rasanya. Dan karena namanya susu kental manis, ada gula yang ditambahkan ke dalam komposisi susu kental manis. Tujuan utama menambahkan gula adalah untuk memperpanjang umur simpan.

Komposisi susu kental manis yang sesuai syarat adalah mempunyai kadar padatan minimum 28%, kadar lemak minimum 8%, kadar gula minimum 42% serta tidak berwarna coklat karena karamelisasi. Dan jika dilihat dari berbagai komposisi susu kental manis yang beredar di pasaran, gula dalam komposisi susu kental manis berkisar 43%-48%. Sementara itu, lemak dalam komposisi susu kental manis berkisar 8%. Selain itu, dalam proses pembuatannya, komposisi susu kental manis juga terdapat protein, vitamin, mineral, dan lemak.

Seiring dengan perkembangan zaman, manfaat susu kental manis tidak lagi terbatas pada masa pakainya dan juga kemudahan dalam mendapatkannya. Manfaat susu kental manis mulai dieksplorasi dalam berbagai penganan dan metode. Sebagai contoh, komposisi susu kental manis merupakan bahan yang sempurna untuk membuat es krim rumahan. Manfaat susu kental manis bukan hanya untuk menciptakan rasa manis tetapi juga untuk mencegah kristalisasi pada es krim. Sementara itu, kandungan susu dalam susu kental manis menciptakan rasa creamy dalam es krim.

Singkatnya, kamu dapat menggunakan manfaat susu kental manis dalam berbagai skenario apa pun di mana kamu menginginkan atau membutuhkan gula dan krim. Tidak heran jika manfaat susu kental manis banyak digunakan dalam berbagai variasi kopi dan teh. Di negara Vietnam, Kota Aceh, Manado, dan Makassar susu kental manis sudah menjadi tambahan wajib dalam membuat kopi. Seiring dengan semakin menjamurnya berbagai minuman kekinian, manfaat susu kental manis pun semakin tak terpisahkan dari berbagai minuman ini. Coba saja kamu perhatikan, minuman kekinian yang kamu konsumsi hampir bisa dipastikan mempunyai kandungan susu kental manis di dalamnya.

Dalam dunia kuliner, manfaat susu kental manis juga tidak terbantahkan. Kandungan susu dalam kental manis memberikan rasa gurih dan creamy. Manfaat susu kental manis dalam kopi dan teh adalah menjinakkan rasa pahit dalam kopi dan teh. Hal ini dikarenakan kandungan susu dan gula dalam susu kental manis memberikan krim yang terkonsentrasi dan rasa yang lezat.

Thai Tea Anti Boncos Susu Kental Manis Bendera

Thai Tea AntiBoncos Susu Kental Manis Bendera Foto: Dok. Frisian Flag

Kandungan susu kental manis juga dianggap sempurna bersanding dengan kopi karena tidak mengubah rasa kopi itu sendiri. Selain itu, tidak seperti susu biasa, kandungan susu dalam susu kental manis tidak menggumpal ketika dicampur dengan asam kafein. Menurut Science Notes, susu cair biasa kadang-kadang menggumpal dalam kopi dan teh karena keasamannya cukup tinggi sehingga mengubah pH susu.

Ini biasanya terjadi ketika Anda menambahkan susu ke kopi atau teh yang sangat panas atau asam. Komposisi susu kental manis tidak akan menciptakan gumpalan dalam kopi dan teh yang kamu minum. Dari segi kepraktisan, manfaat susu kental manis adalah bisa larut dalam suhu panas maupun dingin. Selain membuat kopi dan teh lebih enak, komposisi susu kental manis memberikan tambahan nutrisi dalam minuman yang kamu buat.

Sebagai contoh, komposisi susu kental manis Bendera varian Gold adalah 9 Vitamin (Vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6, B12 dan C) dan 5 mineral (Kalsium, Fosfor, Selenium, Mangan dan Yodium). Sementara itu, kalori dalam kandungan susu kental manis Bendera varian Gold 1 sachet hanya sekitar 130-140 kcal, yang artinya hanya 6% dari kebutuhan kalori yang diajurkan sehari-hari yatu 2150 kcal.

Untuk memilih susu kental manis yang cocok, Chef Tiarbah yang hits lewat akun Instagram @masakdarurat menyarankan untuk cermat dalam melihat komposisi susu kental manis. Menurutnya zat gizi seperti karbohidrat, lemak, protein, serta berbagai vitamin dan mineral harus ada dalam kandungan susu kental manis tersebut.

Selain itu, ia juga mengatakan manfaat susu kental manis bisa diraih jika digunakan sesuai aturan pakai dan kebutuhan kalori yang dibutuhkan masing masing individu. Kandungan susu kental manis bermanfaat jika digunakan sesuai porsinya.

Resep kopi kekinian

Saat ini latte kekinian memiliki banyak sekali varian yang bisa kamu pilih. Resep-resep ini mengambil inspirasi dari situs frisianflag.com. Di antara berbagai varian kopi kekinian, ada beberapa yang cocok dipadukan dengan komposisi susu kental manis yakni es karamel latte, es oreo latte, serta es tiramisu latte. Untuk berbagai suasana dan cuaca inilah resep praktis dan lezat yang menggunakan susu kental manis.

Es Caramel Latte

Untuk membuat es caramel latte, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • ½ cangkir susu cair yang dipanaskan

  • 1 cangkir kopi espresso (bisa diganti dengan kopi hitam)

  • 3 sendok makan krim kental

  • 1 sendok makan saus karamel

  • 3 sendok makan Susu Kental Manis Bendera

  • Es batu secukupnya

Cara membuatnya adalah kamu tinggal mencampurkan semua bahan-bahan menjadi satu dan mengaduknya hingga tercampur rata. Resep praktis susu kental manis Bendera ini tidak menggunakan gula pasir atau gula aren sama sekali karena sudah digantikan dengan susu kental manis Bendera. Susu kental manis Bendera juga membuat tekstur es dalam resep ini menjadi lebih creamy.

Es Biskuit Latte

Untuk membuat es Biskuit latte, ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu, yaitu:

  • ½ cangkir susu cair yang dipanaskan

  • 1 cangkir kopi espresso (bisa diganti dengan kopi hitam)

  • 3 sendok makan krim kental

  • 3 sendok makan Susu Kental Manis Bendera

  • 3 keping biskuit Biskuit yang dihancurkan kasar

  • Es batu secukupnya

Cara membuat es Biskuit latte tidaklah jauh berbeda dengan membuat es caramel latte. Hanya saja, sebelum disajikan kamu harus memberikan topping biskuit yang sudah dihancurkan. Jika ingin citarasanya menjadi lebih manis, tambahkan susu kental manis Bendera di atas topping remahan biskuit. Saat menyantapnya, jangan lupa untuk mengaduknya terlebih dahulu supaya susu kental manis Bendera tidak mengendap sehingga bisa menyatu dengan remahan biskuit dan juga latte.

Es Tiramisu Latte

Resep praktis susu kental manis dalam minuman latte yang terakhir adalah es tiramisu latte. Tiramisu latte ini sangat populer saat ini dan paling sering dipesan di kedai atau gerai minuman kopi. Berikut bahan dan cara membuatnya:

Bahan

  • ½ cangkir susu cair yang dipanaskan

  • 1 cangkir espresso (kopi hitam)

  • 50 gram cokelat bubuk (bubuk kakao)

  • 3 sendok makan Susu Kental Manis Bendera

  • Whipped cream kocok secukupnya

  • Es batu secukupnya.

Untuk membuatnya, kamu harus memanaskan susu cair terlebih dahulu dengan cokelat bubuk hingga mendidih, lalu masukkan susu kental manis Bendera dan aduk hingga rata dan sisihkan hingga dingin. Tuang adonan tersebut dalam gelas lalu tambahkan espresso dan aduk hingga tercampur rata. Tambahkan es batu dan whipped cream. Pada bagian atas whipped cream, Anda bisa memberikan taburan cokelat bubuk dan susu kental manis Bendera.

Bubble Tea

Bubble tea yang segar dan legit masih tetap laris manis digemari banyak orang sampai sekarang. Tidak terkecuali kamu yang juga doyan minuman unik tersebut meski antrian yang mengular dan harga yang menguras kantong. Mengambil inspirasi dari frisianflag.com, yuk coba buat sendiri bubble tea, seperti Nutella Bubble Tea dibawah ini.

Bahan untuk membuat:

  • Selai nutella

  • 1 kantong teh celup, seduh dengan 120 ml air panas.

  • 2 sdm Susu Kental Manis Bendera varian cokelat

  • 2 sdm air panas

  • es secukupnya

  • bubble secukupnya

Cara membuatnya:

Seduh teh celup selama 3 menit. Setelah itu biarkan tehnya menjadi dingin. Sementara menunggu tehnya dingin, masukkan susu kental manis Bendera Cokelat ke dalam gelas shaker dan larutkan dengan air panas. Setelah susu larut, masukkan satu atau dua sendok makan penuh Nutella ke dalamnya (atau sesuai selera). Masukkan teh yang sudah diseduh tadi dan juga es batu ke dalam gelas shaker, tutup dan kocok semua bahan bersama-sama hingga esnya larut. Tuang Nutella Bubble Tea yang sudah teracik sempurna ke dalam gelas dengan bubble kesukaanmu! Jadi deh, minuman paling hits dan menyegarkan ini.

Jadi siapa bilang kita tidak bisa menikmati minuman kekinian tanpa harus merogoh banyak isi dompet? (-/-)


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com