Ajinomoto Beri Bantuan Produk Dapur Umum ke Korban Gempa Sulteng

Advertorial - detikFood Selasa, 04 Des 2018 00:00 WIB
Penyerahan bantuan ke Palang Merah Indonesia di Palu, Sulawesi Tengah (Foto: dok. Ajinomoto) Penyerahan bantuan ke Palang Merah Indonesia di Palu, Sulawesi Tengah (Foto: dok. Ajinomoto)
Palu - Perusahaan produsen berbagai bumbu penyedap masakan, PT. Ajinomoto Indonesia, tak hanya fokus menghadirkan kualitas terbaiknya. Namun Ajinomoto juga memberikan kontribusi positif untuk masyarakat Indonesia yang merupakan implementasi dari Ajinomoto shared Value (ASV).

Hal tersebut dibuktikan dengan diberikannya bantuan kepada korban bencana alam gempa dan tsunami Palu, Sigi, Donggala di Sulawesi Tengah. Adapun bantuan yang diberikan adalah 1.000 lembar selimut dan produk bumbu AJI-NO-MOTO®, Masako® Ayam dan Sapi, Sajiku® Nasi Goreng Ayam dengan total Rp 100 juta.

Bantuan diberikan oleh Direktur PT. Ajinomoto Indonesia Tri Mulyo kepada Kepala Markas PMI Syaiful Alam di Markas PMI di Palu-Sulawesi Tengah pada 22 November lalu.

"Ajinomoto turut berduka dengan musibah bencana gempa yang menimpa warga Palu, Sigi dan Donggala" ujar Tri.

Ajinomoto Beri Bantuan Produk Dapur Umum ke Korban Gempa SultengPenyerahan bantuan ke Palang Merah Indonesia di Palu, Sulawesi Tengah (Foto: dok. Ajinomoto)

Bantuan logistik untuk para pengungsi berupa selimut dan produk-produk untuk dapur umum para pengungsi di Palu, Sigi dan Donggala akan diserahkan melalui PMI. Tri yakin PMI memiliki kredibilitas mumpuni untuk mengolah donasi agar diberikan secara tepat sasaran. Pasalnya, PMI akan memberikan bantuan berkepanjangan di Sulawesi Tengah hingga 20 bulan lamanya.

Tri mengungkapkan perlengkapan logistik seperti selimut, pakaian, dan pengadaan produk untuk dapur umum pengungsian diharapkan efektif mengingat cuaca akhir tahun yang sudah memasuki musim penghujan. Dapur umum, lanjutnya, masih diperlukan para pengungsi karena mereka merasa lebih aman tinggal di pengungsian.

Ajinomoto Beri Bantuan Produk Dapur Umum ke Korban Gempa SultengPenyerahan bantuan melalui ACT untuk korban Palu, Sulawesi Tengah (Foto: dok. Ajinomoto)

Sementara bantuan berupa pakaian layak dari pengumpulan donasi karyawan di kantor cabang maupun pabrik lewat program Mottainai Campaign II 2018 diserahkan melalui organisasi Aksi Cepat Tanggap (ACT). Sebagai informasi, 'mottainai' dalam bahasa Jepang memiliki arti dibuang sayang.

Secara umum kondisi di Palu dan sekitarnya kini sudah normal. Pasar, restoran, sekolah, dan kantor-kantor pemerintah setempat telah beraktivitas seperti biasa. Palu, Sigi dan Donggala juga dalam tahap menata diri untuk membangkitkan potensinya kembali.

Selain bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Sulteng, Ajinomoto juga selalu memberikan bantuan untuk para korban bencana alam di Indonesia. Mulai dari bencana tsunami Aceh pada 2004, gempa di Pangandaran dan Yogyakarta pada 2006, gempa di Pide-Aceh pada 2017, gempa di Lombok pada Agustus 2018, dan beberapa korban bencana di berbagai daerah lainnya di Indonesia. (adv/adv)