Tips Menentukan Menu untuk Restoran Anda

adv - detikFood
Rabu, 14 Sep 2016 00:00 WIB
Foto: adv
Jakarta - Sajian menu menjadi hal yang penting pada sebuah restoran. Apalagi kini orang-orang berlomba untuk mencicipi makanan yang berbeda dari biasanya. Maka tak heran banyak orang yang rela bepergian jauh demi mencicipi menu sebuah restoran.

Hal ini menjadi tantangan bagi para chef karena mereka harus bereksperimen dengan hidangan favorit yang memiliki cita rasa berbeda dan modern. Namun, tak jarang chef mengalami hambatan dalam membuat kreasi menu. Simak tips dalam membuat atau menentukan menu restoran Anda dengan tetap mengedepankan cita rasa yang autentik:

Menu dan Tema Restoran Harus Sepadan

Faktanya, menu yang selalu diburu oleh pelanggan adalah menu yang sepadan dengan tema restoran. Jadi jangan menyepelekan sajian menu dengan suasana/ambience restoran. Perlu diperhatikan bahwa sebuah sajian menu menyimpan pesan tersendiri yang akan membuat pelanggan memiliki pengalaman mencicipi sebuah menu yang fantastis. Anda tetap bisa memasukkan sajian menu yang klasik dengan catatan tetap mengdepankan keautentikan restoran Anda.

Buatlah Jadwal Musim Panen Bahan Makanan Tertentu

Anda bisa menentukan menu Anda dengan merujuk pada jadwal musim panen bahan makanan tertentu, biasanya ini berlaku untuk sayuran dan buah-buahan. Jadi, chef bisa terus bereksperimen dengan berbagai macam menu. Hal ini juga membuat operasional restoran Anda menjadi tidak kewalahan untuk mendapatkan stok bahan makanan. Dikarenakan menu tersebut terdiri dari bahan-bahan yang baru saja dipanen, pastinya lebih fresh sehingga cita rasanya semakin mengguggah.

Selalu Mengedepankan Keautentikan Menu

Apapun menu yang Anda buat, pastikan keautentikannya tetap dijaga. Buatlah menu yang berbeda dari restoran pada umumnya. Jangan terpaku dengan menu klasik yang telah diketahui banyak orang. Buatlah menu yang modern dan fresh. Hal ini bisa membuat menu Anda menjadi favorit banyak orang. Namun tak jarang untuk ketika menu telah menjadi favorit banyak orang, chef kewalahan dalam membuat menu tersebut. Bisa dalam menyediakan stok bahan makanan hingga proses membuat menu.

Untuk membantu chef agar bisa memberikan hidangan yang terbaik dalam waktu cepat ke pelanggan, menggunakan produk pembantu proses masak seperti Knorr bisa jadi pilihan. Knorr umum digunakan para chef untuk mempercepat proses memasak namun tetap mendapatkan kualitas rasa yang baik, yakni dengan menyediakan bumbu penyedap hingga berbagai saus.
Untuk bumbu penyedap, Knorr menghadirkan bumbu untuk berbagai varian hidangan seperti hidangan khas Asia hingga Italia. Untuk kaldunya pun lengkap, ada kaldu ayam, daging, hingga sayuran. Hidangan pun tak lengkap tanpa saus yang menyempurnakan cita rasanya, Knorr menghadirkan berbagai varian saus yang praktis dan bercita rasa autentik, seperti saus Keju, Carbonara, saus Demi Glace, hingga saus rasa Tiram. Sedangkan untuk varian lainnya, coba intip produknya di sini.

Jangan khawatir, produk Knorr tidak akan menghilangkan cita rasa sajian menu Anda. Justru makin menguatkan keautentikan menunya, dan jadi sempurna jika dipadukan dengan kreativitas Anda. Jika Anda tertarik menggunakan produk Knorr untuk sajian menu restoran Anda, dapatkan sampel gratisnya di sini. (adv/adv)