detikfood

Senin, 14/08/2017 14:40 WIB

Nasi Padang Dibungkus dan Makan di Tempat, Mahal yang Mana? 2 Ilmuwan Ini Jawab Lewat 'Cekidot'

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Nasi Padang Dibungkus dan Makan di Tempat, Mahal yang Mana? 2 Ilmuwan Ini Jawab Lewat Cekidot Foto: detikFood
20detik punya program baru bernama Cekidot. Dipandu 2 ilmuwan, rasa penasaran tentang banyak hal akan dijawab santai dan menarik. Salah satunya soal perbedaan harga nasi Padang dibungkus dan makan di tempat.

Rasa penasaran tentang suatu hal kerap muncul dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya berupa pertanyaan atau masalah kecil namun mengganggu pikiran. Bertanya pada teman atau internet pun mungkin belum cukup menjawab rasa penasaran tersebut.

Berangkat dari hal ini, 20detik menelurkan program baru bernama 'Cekidot.' Harry Nazarudin dan Irvan Karta ditunjuk sebagai host yang akan menjawab penasaran Anda. Keduanya adalah ilmuwan yang siap memberi penjelasan ilmiah mengenai suatu hal. Video Cekidot dikemas dengan santai, lucu, menarik dan mudah dimengerti.

Nasi Padang Dibungkus dan Makan di Tempat, Mahal yang Mana? 2 Ilmuwan Ini Jawab Lewat 'Cekidot'Foto: 20detik

Salah satu episode Cekidot yang bisa Anda saksikan adalah soal nasi Padang. Harry yang akrab disapa Harnaz dan Irvan menjawab kenapa harga nasi Padang yang dibungkus dan makan di tempat berbeda meski lauknya sama.

Sebagai percobaan, pertama mereka membeli nasi Padang untuk dibawa pulang dengan nasi, sayur, sambal dan ayam goreng dipisah. Sementara yang kedua juga dibawa pulang namun nasi dengan sayur dan lauknya digabung. Ternyata harga nasi Padang pertama Rp 39.000 sementara yang kedua Rp 21.000. Kok beda?

Hal ini ternyata disebabkan komponen yang menyertai nasi Padang. Kalau harga nasi Padang yang dipisah dihitung sebagai 4 item yaitu nasi, sayur, sambal dan ayam goreng. Sedangkan yang digabung dihitung satu paket sehingga harganya lebih murah. Namun meski begitu, nasi Padang dibungkus versi dipisah berisi lebih banyak sayur karena sayur dihitung 1 porsi.

Nasi Padang Dibungkus dan Makan di Tempat, Mahal yang Mana? 2 Ilmuwan Ini Jawab Lewat 'Cekidot'Foto: 20detik

Lain lagi dengan nasi Padang berlauk sama namun makan di tempat. Harganya Rp 26.000 karena hidangan ini dihitung 2 item. Nasi plus sayur dihargai Rp 10.000, sedangkan lauk ayam Rp 16.000. Karenanya Harnaz dan Irvan menyarankan untuk beli nasi Padang bungkus dan digabung kalau ingin lebih murah.

Bagaimana dengan menikmati nasi Padang di tempat dengan sistem lauk dihidangkan? Wah ternyata harganya beda lagi. Harnaz mengaitkan penghitungan harga ini dengan teori kuantum. Nah, kalau penasaran dengan jawabannya bisa melihat episode Cekidot ini. Jangan lupa juga menyimak Cekidot setiap Senin di 20 detik.

(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan