detikfood

Senin, 31/07/2017 19:10 WIB

Ups! Tiup Lilin Ulang Tahun Ternyata Berpotensi Sebarkan Bakteri

Regita Lorena - detikFood
Ups! Tiup Lilin Ulang Tahun Ternyata Berpotensi Sebarkan Bakteri Foto: iStock
Meniup lilin kue ulang tahun merupakan ritual saat berulang tahun. Tapi ternyata, meniup lilin dapat menyemburkan bakteri pada kue hingga 1.400%.

Sebuah hasil penelitian baru-baru ini menimbulkan petanyaan banyak orang soal ritual tiup lilin. Haruskah orang memakan kue yang sudah ditiup lilinnya.

Baca juga: Lagu Happy Birthday Membuat Kue Ulang Tahun Terasa Lebih Enak

Sebuah tim peneliti di Clemson University di South Carolina menemukan bahwa air liur yang menyebar saat meniup kue ulang tahun meningkatkan jumlah bakteri hampir 1.400 persen.

Professor peneliti, Dr Paul Dawson, mengungkapkan gagasan untuk melakukan penelitian tersebut dilatarbelakangi guna pengujian makanan berkualitas, lapor nypost.com (28/7).

Ups! Tiup Lilin Ulang Tahun Ternyata Berpotensi Sebarkan BakteriFoto: iStock

Dalam uji cobanya, Dawson menjelaskan bahwa mereka memberikan pizza kepada responden seperti halnya kebiasaan pada perayaan ulang tahun. Tujuan lainnya membantu dalam produksi kelenjar ludah. Setelah itu, ia meletakkan frosting atau krim olesan kue pada sepotong aluminium foil yang di atasnya diberi lilin.

Usai lilin ditiup, para peneliti langsung menghitung jumlah bakteri dengan cara mengencerkan frosting dengan air yang steril dari bakteri. Kemudian, langkah selanjutnya meletakkan cairan tersebut pada wadah agar bisa melihat proses pertumbuhan bakterinya

Bakteri kue sebelum ditiup lilin lebih sedikit dibandingkan dengan setelah ditiup. "Meniupnya meningkatkan jumlah bakteri pada frosting rata-rata 15 kali. Bahkan, pada beberapa kasus lain bakteri dapat terus berkembang hingga 120 kali," ungkap Dr Paul Dawson.

Ups! Tiup Lilin Ulang Tahun Ternyata Berpotensi Sebarkan BakteriFoto: iStock

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa banyaknya bakteri bervariasi, tergantung siapa yang meniupnya. Beberapa orang yang meniup lilin pada kue tidak akan memindahkan bakteri. Sebaliknya, ada satu atau dua orang yang benar-benar dapat mentransfer banyak bakteri pada kue.

Meski begitu, Dawson mengatakan bahwa hasil penelitiannya ini tidak perlu membuat orang gelisah. Karena seseorang yang memakan kue ulang tahun yang sudah ditiup lilin akan tetap sehat dan tidak menyebabkan sakit. Hal ini karena bakteri yang berasal dari mulut manusia mayoritas tidak membahayakan.

Baca juga: Waduh! Tulisan Kue Ulang Tahun Ini Ketahuan 'Typo' Saat Sudah Jadi

(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan