detikfood

Senin, 17/04/2017 14:01 WIB

Ini Alasan Sebaiknya Makan Tak Lebih dari Setengah Alpukat dalam Sehari!

Annisa Trimirasti - detikFood
Ini Alasan Sebaiknya Makan Tak Lebih dari Setengah Alpukat dalam Sehari! Foto: This Is Insider
Si hijau alpukat enak dimakan dalam berbagai olahan. Namun ahli gizi sarankan untuk makan tidak lebih dari setengah alpukat dalam sehari. Mengapa?

Siapa yang tidak suka alpukat, enak dimakan langsung atau dipadukan dengan berbagai makanan lain. Buah inipun punya banyak manfaat sehat mulai dari turunkan kolesterol hingga jadikan kulit mulus.

Namun, ahli kesehatan memberitahu bahwa mungkin makan terlalu banyak alpukat membuat Anda jadi kurang sehat. Ahli gizi menyebutkan sebaiknya batasi asupan alpukat setengah saja dalam sehari. Jika makan lebih dari itu bisa sebabkan kenaikan berat badan, lapor Daily Mail (13/4) .

Ini Alasan Sebaiknya Makan Tak Lebih dari Setengah Alpukat dalam Sehari!Foto: iStock
Alpukat terkenal kaya kandungan lemak sehat, dan jauh berbeda dengan yang ditemukan pada hidangan fast food. Namun,satu buah alpukat mengandung 22 gram lemak, atau 1/3 asupan rekomendasi lemak sehari. Juga, buah ini tinggi kalori yaitu 250-280.

Walaupun kaya serat dan vitamin dan antikanker, makan terlalu banyak buah berkhasiat ini tetap dapat picu kenaikan berat badan. Oleh karena itu, Sheer Luxe, seorang ahli gizi merekomendasikan konsumsi tersehat adalah setengah alpukat dalam 1 hari.

Namun, hal ini sulit diatur karena buah alpukat yang dikonsumsi biasanya dalam bentuk olahan. Seperti jus atau guacamole. Alpukat sudah tidak dalam bentuk buah sehingga sulit menakar seberapa banyak alpukat yang telah dikonsumsi.

Ini Alasan Sebaiknya Makan Tak Lebih dari Setengah Alpukat dalam Sehari!Foto: iStock
Bagi Anda yang suka memasak, tentu terasa lebih mudah makan 1 buah langsung daripada meninggalkan separuh sisanya. Apalagi jikaterpapar udara, alpukat akan berubah warna menjadi cokelat.

Jumlah asupan lemak harian tergantung dari banyak faktor, termasuk seberapa banyak Anda berolahraga dan tipe tubuh Anda. Jadi mungkin bila Anda seorang yang sangat aktif yang butuh lebih banyak energi agar tetap bertenaga, 1 alpukat sehari tidak sebabkan kenaikan berat badan.

Tapi, untuk sebagian besar orang yang mengikuti panduan asupan lemak adalah 30% diet harian, ahli gizi mengatakan cukup konsumsi 1/2 buah alpukat dengan mempertimbangkan lemak dari makanan lain dalam sehari.
(odi/ani)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan