detikfood
Kamis, 16/03/2017 14:19 WIB

Ini Sajian Daging Ayam dan Bebek Hasil Rekayasa Sel di Lab

Annisa Trimirasti - detikFood
Ini Sajian Daging Ayam dan Bebek Hasil Rekayasa Sel di Lab Foto: Memphis Meats
Daging sapi sudah dibuat dalam rekayasa laboratorium. Kini daging ayam hingga bebek telah tersedia dari hasil pertumbuhan sel di lab dan rasanya enak.

Dikabarkan oleh dailymail.com (15/3/17), perusahaan startup bidang teknologi pangan asal Francisco, Memphis Meats dan Mosa Meat, perkenalkan sajian ayam fillet pertama hasil pertumbuhan sel unggas dalam cawan petri.

Menurut Memphis Meats, daging ayam ditumbuhkan dari sel unggas yang dapat membiakkan diri sendiri di laboratorium.Proses ini ini berlangsung tanpa telur atau menyakiti unggas sama sekali.

Ini Sajian Daging Ayam dan Bebek Hasil Rekayasa Sel di LabFoto: Memphis Meats
Perusahaan menawarkan contoh produk selama uji coba rasa pada Selasa. Sajian hadir dalam bentuk ayam goreng tepung, tampak lebih lezat dari chicken nugget.

Dari orang yang ditawari mencicipi contoh produk, rasa sajian sendiri kurang lebih sama seperti daging ayam.Selain ayam, ada juga sajian bebek gaya a l'orange yaitu bebek panggang dengan saus jeruk, yang juga ditumbuhkan di lab.

Produk hasil dijuluki 'clean meat' ungkapan untuk 'clean energy' dan peneliti berpendapat teknologi yang digunakan membantu industri makanan mengurangi biaya pembiakan ternak termasuk pemberian makan dan limbah.

Ini Sajian Daging Ayam dan Bebek Hasil Rekayasa Sel di LabFoto: Memphis Meats
Sebelumnya, perusahaan telah memasarkan produk daging sapi, dalam bentuk daging burger dan bakso, hasil biakan laboratorium.

Produk daging ayam pun diproses dengan metode sama. Yaitu mengambil sel batang yang dikestraksi dari otot hewan tanpa menyakitinya. Sel kemudian diinkubasi dalam cairan nutrisi sampai mereka berkembang biak dan tercipta tumpukan jaringan bentuk daging.

Selanjutnya, daging dicincang, dicampur garam, remah roti, bubuk telur, dan pewarna merah alami, sehingga tampak seperti daging pada umumnya.

Ini Sajian Daging Ayam dan Bebek Hasil Rekayasa Sel di LabFoto: Memphis Meats
Ilmuwan dan para aktivis hewan percaya produk baru ini dapat merevolusi industri daging Amerika.Daging ayam sendiri adalah daging paling populer di Amerika dengan rata-rata konsumen makan hampir 50 kg daging ayam per tahun.

Perusahaan mengatakan terobosan teknologi ini mengizinkan peneliti memproduksi berbagai profil daging berbeda, mulai dari rasa, tekstur dan nutrisinya.Memphis Meats juga merencanakan agar daging ayam hasil lab ini dapat dijual di pasaran pada 2021
(odi/ani)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan
Must Read close