detikfood

Kamis, 16/03/2017 11:46 WIB

Kata Ilmuwan Makanan Jatuh 'Belum 5 Detik' Memang Aman Dimakan

Annisa Trimirasti - detikFood
Kata Ilmuwan Makanan Jatuh Belum 5 Detik Memang Aman Dimakan Foto: Thinkstock
Makanan jatuh ke lantai? Tidak perlu langsung dibuang. Ilmuwan di Inggris baru-baru ini menyetujui 'aturan 5 detik' ini.

Seperti yang sering didengar dan dilakukan, makanan yang jatuh ke lantai boleh dimakan asal 'belum 5 detik'. Aturan ini bukan cuma sekedar mitos, karena kini peneliti bidang kuman menyetujuinya.

Ahli kuman dan bakteri, Profesor Anthony Hilton, dari Aston University, mengatakan bahwa meskipun memungut kembali makanan yang jatuh bukannya tanpa risiko sama sekali. Ada pertimbangan, bagaimana jika makanan hanya jatuh sesaat?

Kata Ilmuwan Makanan Jatuh 'Belum 5 Detik' Memang Aman DimakanFoto: Thinkstock
Dikabarkan oleh independent.co.uk (15/3/17) , Professor Hilton akan mempertunjukkan bagaimana 'aturan 5 detik' dapat diterima di The Big Bang Fair, perhelatan sains, teknologi, rekayasa teknik dan matematika (STEM) untuk kalangan muda. Acara ini dibuka pada Rabu lalu hingga 18 Maret di NEC Birmingham, Inggris.

"Makan makanan yang hanya jatuh beberapa detik di lantai tidak bisa bebas seluruhnya dari risiko.Bila makanan terkena kotoran yang jelas terlihat, tentu jangan dimakan. Tapi, bila tidak jelas terkontaminasi, sains menunjukkan makanan itu kurang mungkin mengandung bakteri hanya dengan beberapa detik terkena lantai dalam ruangan " jelas Hilton.

Walaupun, ia kembali menekankan penyataannya tersebut bukan mengatakan tidak ada kemungkinan sama sekali bahwa kuman atau bakteri dari lantai mencemari makanan.

Kata Ilmuwan Makanan Jatuh 'Belum 5 Detik' Memang Aman DimakanFoto: Thinkstock
"Penelitian kami menunjukkan bahwa sifat permukaan lantai, tipe makanan yang jatuh di lantai dan lama waktu makanan jatuh di lantai, itu semua bisa berpengaruh pada jumlah kuman yang dapat ditransfer (ke makanan)." tambah Hilton.

Dalam survey yang dilakukan pada 2000 orang, ditemukan, 79% mengakui akan makan makanan walaupun telah jatuh ke lantai .

Sedang, Paul Jackson, kepala eksekutif dari EngineeringUK, sekaligus pengelola dari The Big Bang Fair, mengatakan 'Ini contoh sederhana dari bagaimana ilmu pengetahuan hadir dan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari .'

Kata Ilmuwan Makanan Jatuh 'Belum 5 Detik' Memang Aman DimakanFoto: iStock
"Dari menguji seberapa aman makanan, dapat diciptakan makanan dan minuman baru dan bagaimana ilmu pengetahuan serta rekayasa teknik dapat diterapkan di kehidupan adalah tak terbatas." pungkas Jackson.

Penelitian serupa seputar 'aturan 5 detik' juga pernah dilakukan oleh Universitas Rutgers, Amerika pertengahan tahun lalu, walau peneliti di sana menyarankan agar tidak mengonsumsi makanan yang telah jatuh.
(odi/ani)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan