detikfood
Kamis, 09/02/2017 13:19 WIB

Doyan Makan Fast Food, Ahli Gizi Khawatirkan Kesehatan Donald Trump

Lusiana Mustinda - detikFood
Doyan Makan Fast Food, Ahli Gizi Khawatirkan Kesehatan Donald Trump Foto: Pop Sugar
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memang sangat doyan fast food. Terlihat dari beberapa foto yang ia unggah di media sosial. Ahli gizi khawatirkan kesehatannya.

Di wawancarai oleh CNN, Donald Trump sempat memaparkan bahwa fast food adalah salah satu makanan yang ia sukai.

Trum mengatakan, "Saya adalah pribadi yang memperhatikan kebersihan. Saya sangat menyukai kebersihan. Dan saya pikir akan lebih baik jika datang ke tempat makan itu (fast food) yang sudah memiliki standar daripada menikmati makanan yang kita belum tahu darimana asal makanan tersebut," tutur Trump.

Doyan Makan Fast Food, Ahli Gizi Khawatirkan Kesehatan Donald TrumpFoto: Getty Images
Dikutip dalam Pop Sugar (08/02), Jo Traves, ahli gizi dan penulis The Low Fad Diet, baru-baru ini menilai diet sehari-hari Trump dalam sebuah wawancara di beberapa media cukup mengkhawatirkan.

Sebagai permulaan, Trump kurang suka sarapan dan dia mengatakan bahwa senang makan malam. Jika terpaksa harus sarapan ia akan memilih menikmati lauk berupa bacon, telur atau cornflakes.

Menurut Traves, produk daging olahan seperti bacon bisa dikaitkan dengan risiko kanker. Traves menyarankan bahwa sarapan yang baik adalah mengonsumsi makanan yang seimbang yaitu mengandung protein dan karbohidrat.

Presiden Amerika ini juga bercerita akan kecintaannya dengan meatloaf. Dalam suatu acara, Martha Stewart pernah membuatkan meatloaf untuk presiden dan ia pun mengatakan sering mengonsumsi sandwich meatloaf.

Travers memaparkan, sandwich meatloaf tidak mengandung sayur dan buah.

Doyan Makan Fast Food, Ahli Gizi Khawatirkan Kesehatan Donald TrumpFoto: msn/Getty Images
"Meatloaf pada dasarnya hanya daging sehingga tidak ada kandungan serat yang bermanfaat untuk kesehatan usus. Padahal jika Anda tidak memberi makan bakteri usus dengan buah dan sayur, ini dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan infeksi," jelas Traves.

Tak hanya pernah berkomitmen untuk bekerjasama dengan perusahaan fast food seperti McDonald's dan KFC, Trump juga pernah mengunggah foto dirinya saat makan ayam goreng di pesawat pribadinya.

Meskipun lezat, tentu ini bukan pilihan yang sehat. Traves mencatat makanan ini mengandung lemak trans yang berkaitan dengan tingginya risiko penyakit jantung.

Selain efek fisik, diet Trump ini juga mungkin memiliki implikasi pada mental dan emosional, khususnya karena kurangnya lemak sehat dan omega 3.

Doyan Makan Fast Food, Ahli Gizi Khawatirkan Kesehatan Donald TrumpFoto: iStock
"Tubuhnya akan mengganti dengan jenis lain dari lemak yang minim cairan sehingga sulit untuk melewati neuro otak," jelas Traves yang menjelaskan keterkaitan makanan dengan gangguan mood.

Seperti kebijakannya yang kontraversial pola makan presiden saat ini juga sangat berbeda dengan mantan presiden Barack Obama yang mengonsumsi makan malam dengan tujuh kacang almond rendah garam.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan