detikfood

Selasa, 15/11/2016 16:00 WIB

Gurihnya Kuah Santan

Jeroan dan Daging Sapi Berpadu Santan dalam Soto Betawi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jeroan dan Daging Sapi Berpadu Santan dalam Soto Betawi Foto: detikFood/iStock
Soto Betawi populer sebagai soto berbahan santan. Aroma santan dan kapulaga yang wangi jadi ciri khasnya.

Menyebut hidangan tradisional berkuah santan tak bisa meninggalkan soto Betawi. Soto asli Jakarta ini jadi ciri khas kuliner warga Betawi.

Kabarnya soto Betawi hadir dalam kuliner masakan Indonesia sekitar tahun 1977-1978. Adalah Lie Boen Po, penjual soto yang pertama kali menggunakan istilah soto Betawi. Setelah penjual soto tersebut tutup tahun 1991, istilah soto Betawi makin menyebar luas.

Soto Betawi diracik dari santan, susu, dan aneka rempah sebagai bumbunya. Rempahnya antara lain kapulaga, kayu manis, jinten, daun jeruk dan serai. Selain itu, ada juga bumbu wajib yang harus dicampurkan seperti bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar serta gula dan garam.

Jeroan dan Daging Sapi Berpadu Santan dalam Soto BetawiFoto: detikFood/iStock
Untuk santannya, sebaiknya pilih yang berasal dari kelapa segar berdaging tebal agar cita rasanya gurih enak. Santan juga paling bagus segera dimasak setelah dibeli. Atau bisa disimpan dalam freezer kalau tidak ingin langsung diolah.

Dalam pembuatan soto Betawi, beberapa orang memilih mencampurkannya dengan susu agar kandungan lemaknya sedikit berkurang. Caranya dengan mengganti setengah penggunaan santan dengan susu rendah kalori.

Mengenai isian, soto Betawi terdiri dari potongan daging sapi empuk. Biasanya bagian sandung lamur yang dipakai. Ada juga yang menambahkan aneka jeroan seperti babat dan paru. Agar tidak berbau biasanya jeroan direbus dulu dengan daun jeruk dan daun salam hingga empuk.

Jeroan dan Daging Sapi Berpadu Santan dalam Soto BetawiFoto: detikFood/iStock
Pelengkap lainnya dari soto Betawi adalah kentang goreng, tomat, daun bawang, bawang merah goreng, sambal rawit merah, emping, acar mentimun, dan jeruk limau. Resep lengkap soto Betawi bisa dilihat di sini.

Tak mau repot? Anda bisa menikmati soto Betawi sedap di beberapa tempat rekomendasi detikFood berikut. Soto Betawi Sambung Nikmat, misalnya, terkenal dengan kuah berwarna kemerahan. Isiannya bisa memakai daging sapi, paru, kikil, atau kombinasi ketiganya. Makin enak disantap dengan acar segar.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan