detikfood

Kamis, 20/10/2016 19:31 WIB

Tren Keju Leleh

Steak, Burger hingga Martabak Telur Makin Enak Dipadu Keju Leleh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Steak, Burger hingga Martabak Telur Makin Enak Dipadu Keju Leleh Foto: detikfood
Kini semakin banyak makanan yang ditambahkan keju leleh. Membuat rasanya gurih creamy dengan tampilan menggoda selera. Nyamm!

Menelusuri pencarian makanan di Instagram, Anda akan mudah menemukan makanan dengan tambahan keju leleh. Umumnya berupa hidangan gurih seperti steak, iga, nasi, burger, martabak telur, pizza, roti panggang, pasta, dan banyak lainnya.

Penambahan keju tentu bukan tanpa alasan. Cita rasa makanan makin enak dengan sentuhan rasa gurih creamy. Dari segi penyajian, makananpun tampil lebih cantik. Biasanya memperlihatkan benang-benang keju yang mulur saat potongan makanan diangkat.

Steak, Burger hingga Martabak Telur Makin Enak Dipadu Keju LelehFoto: detikfood


Seperti martabak telur buatan Martabakku Menteng. Martabak telurnya tampak istimewa dengan 'selimut' keju mozzarella. Mengambil potongan martabak ini untuk disuap jadi sensasi mengasyikkan. Tak lain karena tampilan benang-benang keju tersebut.

Untuk steak, Willie Brothers Steakhouse menghebohkan para foodies dengan sajian Raclette Steak. Berupa steak yang diberi lelehan keju raclette hangat. Uniknya, penyajian keju ke atas steak ini dilakukan langsung di hadapan pengunjung.

Kepada detikFood (20/10), Chef Ozzy selaku Executive Chef Willie Brothers Steakhouse menjelaskan, "Setengah bundaran keju raclette kami hidangkan untuk tiap porsi steak. Sebelumnya keju perlu dipanaskan dengan pemanas khusus. Kira-kira mencapai 350 derajat Fahrenheit (176 derajat Celcius) selama 3-5 menit."

Steak, Burger hingga Martabak Telur Makin Enak Dipadu Keju LelehFoto: detikfood


Hidangan Korea juga tak luput dari balutan keju. Ojju, misalnya, menawarkan Rolling Cheese Beef Ribs. Potongan iga BBQ empuk di sini dibalut keju mozzarella mulur.

Tak terbatas pada hidangan gurih, lelehan keju juga bisa diaplikasikan pada dessert seperti cheese cake. Ada pula cheese fondue yang enak dicocol dengan potongan roti panggang dan buah.

Steak, Burger hingga Martabak Telur Makin Enak Dipadu Keju LelehFoto: iStock


Saat ditemui detikFood (19/10), Pastry Chef Beno Komarudin dari InterContinental Jakarta MidPlaza menambahkan, "Keju leleh enak juga diolesi di fresh bread seperti baguette. Tetapi kalau cake tidak bisa karena kan harus panas untuk meleleh."

Mengenai jenis keju, ternyata tak semua keju cocok dilelehkan. Keju Swiss seperti gruyere, emmental, comte dan callerhocker paling cocok untuk keperluan ini. Disusul brie, mozzarella, dan cheddar.

Steak, Burger hingga Martabak Telur Makin Enak Dipadu Keju LelehFoto: iStock


Pada ulasan kali ini, detikFood secara khusus membahas tren keju leleh. Mulai dari hidangan keju leleh populer, jenis keju yang dipakai, resep-resep praktis dengan lelehan keju, hingga nutrisi keju leleh yang asli. Nah, pantau terus detikFood untuk tahu informasi menarik lainnya seputar tren keju leleh!
(odi/msa)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan
Must Read close