detikfood
Selasa, 15/03/2016 11:50 WIB

KoenoKoeni Hotpot: Hangatkan Perut dengan Hotpot Berkuah Tom Yum

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
KoenoKoeni Hotpot: Hangatkan Perut dengan Hotpot Berkuah Tom Yum Foto: Detikfood
Tempat ini punya sajian​ hotpot dengan isian daging sapi, sayuran, wonton, hingga shrimp ball. Kuahnya berupa kaldu daging sapi dan tom yum yang​ pedas​ segar enak. Slurrpp!

Hotpot berupa hidangan berkuah dengan aneka lauk ini enak disantap beramai-ramai karena porsinya besar. Hidangan ini banyak ditemui di China dan Hong Kong.

Isian hotpot terdiri dari kuah/kaldu, sayuran, protein seperti daging, dan karbohidrat seperti bihun atau udon. Saus pelengkapnya beragam, bisa berupa soy sauce, saus kacang, atau saus Hoisin.

Di Cipete, ada resto baru yang khusus menyajikan hotpot yaitu KoenoKoeni. Pengunjung dapat memilih sendiri kuah, isian, hingga saus hotpot sesuai selera. Terdapat juga paket bersantap untuk 2 dan 4 orang.

​Kami​ tertarik mencicip paket B (Rp 219.000) dengan ​irisan ​daging sapi lokal sebagai ‘primadona’ isian hotpot. Jika ingin daging ayam atau daging impor Australia, tersedia paket A dan C dengan harga tak jauh berbeda.



Selain daging sapi lokal, paket B termasuk 1 jenis kuah yang bisa dipilih antara kaldu ayam, daging sapi, atau tom yum. Pelengkap lainnya berupa ragam sayur, salmon ball, bakso sapi, soy fish cake, seafood tofu, shrimp ball, wonton udang dan ayam, bihun, egg tofu, dan 2 porsi nasi putih.

Kami memilih kaldu daging sapi serta menambah kuah tom yum (Rp 20.000) sebagai pelengkap hot pot. Usai memesan, sang pegawai sigap menyiapkan panci hotpot berikut kuah dan membawa 6 tumpuk mangkuk isian.



Aroma gurih tercium dari kaldu daging sapi berwarna kuning bening. Sementara kuah tom yum yang dilengkapi irisan daun jeruk serta sereh menebar aroma asam​ yang wangi.​

Langsung saja kami mencelup aneka bakso, wonton, dan egg tofu ke dalam kuah. Tak lupa, bihun; sayuran seperti wortel, sawi putih, bayam Jepang, pakcoy, jagung muda, dan jamur enoki; serta lembaran daging.



Kuah kaldu daging sapi terasa gurih ringan, sedangkan tom yum-nya segar enak. Untuk isian hotpot, semua jenis baksonya bertekstur kenyal dengan sentuhan rasa gurih.

Wonton menambah kenikmatan hotpot karena memadukan lembutnya kulit pangsit dan gurihnya udang dan ayam. Sementara lembaran daging (sukiyaki)nya bertekstur tipis namun juicy. Kami sengaja merebus sebentar saja agar tidak keras.

Ada pula egg tofu yang lembut gurih dan sayuran yang renyah segar. Santap hotpot kali ini bikin kami kenyang karena ada bihun dan nasi sebagai pelengkap.



Ragam saus yang bisa diracik sendiri jadi keunikan KoenoKoeni. Ada counter khusus yang ​berisi beragam​ mangkuk bahan pelengkap saus. Didekatnya juga ada panduan membuat aneka jenis saus.



KK's House Special Sauce jadi andalan resto ini. Racikannya terdiri dari saus kacang, cabai cilantro, black vinegar, soy sauce, bawang putih goreng, cilantro, daun bawang, dan minyak wijen. Tercecap rasa kacang dominan dengan sentuhan gurih asam dari saus ini. Pas berpadu dengan isian hotpot hangat.

Kami juga sempat meracik Szechuan Sauce asal China. Saus ini memadukan minyak cabai, black vinegar, soy sauce, cilantro, bawang putih fresh dan goreng, daun bawang, serta minyak wijen. Terlihat jejak minyak kemerahan dari saus ini dengan butiran cabai. Meski begitu, rasanya tidak terlalu pedas. Kami justru mendapati rasa minyak wijen lebih dominan.



Resto ini cocok jadi tempat bersantap bersama keluarga karena kapasitasnya besar. Apalagi suasananya nyaman dan hangat karena pemilihan interior serba cokelat muda. Bila belum ada ide makan siang, KoenoKoeni bisa jadi pilihan.
 
KoenoKoeni Hotpot
Jl. Cipete Rata No. 8A
Jakarta Selatan
Telepon: 021 2270 5821

(odi/msa)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan