detikfood

Senin, 10/08/2015 05:21 WIB

Sayuran Pertama Ditanam di Luar Angkasa akan Dicicipi Astronot Hari Ini

Odilia Winneke - detikFood
Sayuran Pertama Ditanam di Luar Angkasa akan Dicicipi Astronot Hari Ini Foto: Quartz
Usaha uji coba menanam sayuran yang dilakukan NASA 2 tahun silam kini membuahkan hasil. Lettuce merah yang ditanam pertama kali akan dipanen dan dicicipi pertama kali oleh astronot dari International Space Station.

Lettuce merah ditanam 15 bulan silam dengan sistem Veg-01 dengan memakai lampu LED merah, biru dan hijau. Pencahayaan ini digunakan untuk tanaman dalam skala kecil.

Seperti dilansir Quartz (10/08) astronot akan mencicipi sebagian dari lettuce merah. Sedangkan sebagian sisanya akan dibawa ke bumi untuk diteliti. Hari ini astronot akan makan lettuce merah tersebut dan sebelum dimakan akan dicuci dengan pembersih dengan bahan asam citric.

Belum dijelaskan apakah lettuce akan dimakan begitu saja sebagai salad luar angkasa atau jadi hiasan makanan luar angkasa mereka yang sudah didehidrasi.

Percobaan ini menjadi jalan ke pertanian masa depan di luar angkasa dan planet lainnya. NASA dan agensi luar angkasa lain melihat misi yang lebih jauh ke tempat seperti planet Mars. Mereka akan memngembangkan cara agar astronot bisa bertahan hidup di luar angkasa.

‘Ini membuktikan bahwa makanan segar seperti tomat, blueberry dan lettuce merah menjadi sumber antioksidan yang baik,’ tutur Ray Wheeler, kepala riset seperti dikutip dari website NASA.

Ketersediaan makanan segar di luar angkasa akan menjadi efek positif pada perasaan dan juga memberi perlindungan pada radiasi di luar angkasa. NASA berharap bercocok tanam di luar angkasa akan menjadi masa depan kehidupan di stasiun luar angkasa dan planet Mars.







(odi/odi)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan