detikfood

Minggu, 01/02/2015 11:26 WIB

Jajanan Modifikasi

Cotton Candy, Gulali dengan Paduan Soft Ice Cream yang Legit Lembut

Lusiana Mustinda - detikFood
Cotton Candy, Gulali dengan Paduan Soft Ice Cream yang Legit Lembut Foto: Detikfood
Suka ngemil gulali? Jajanan berbahan dasar gula ini sudah ada sejak zaman dulu. Bentuknya yang mirip seperti kapas​ yang lembut​ membuat siapa saja pasti menyukainya terutama anak-anak.

Gulali atau cotton candy merupakan makanan yang dibuat dari pintalan gula yang dibakar terlebih dahulu. Makanan ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1904 oleh William Morrison dan John C. Wharton di St. Louis World’s Fair dengan nama “Fairy Floss” atau benang peri.

Gulali dibuat dari gula yang diberi aneka pewarna makanan. Pembuatan gulali dilakukan dengan mesin. Gula dimasukkan ke dalamnya beserta pewarna makanan. Pemanas dekat tepian wadah dapat mencairkan gulanya yang kemudian diputar melalui lubang-lubang kecil dan hasilnya dipadatkan oleh udara sehingga menghasilkan bentuk mirip pintalan kapas.

Gulali terasa manis dan lengket. Meskipun kelihatannya seperti benang wol, gulali segera mencair saat masuk di dalam mulut. Gulali juga berubah menjadi lengket jika terkena uap air.

Jika biasanya gulali hanya disajikan tunggal dan dimasukkan dalam plastik. Beberpa outlet dessert kini menyediakan gulali yang disajikan dengan paduan soft ice cream.

Ada beragam pilihan isian es cream. Mulai dari espresso hingga matcha, untuk pilihan es creamnya juga dapat dipilih. Ada Original Soft Ice Cream, Matcha Soft Ice Cream hingga Black Sesame Soft Ice Cream.

Gulalinya terasa manis lembut saat dicicip. Cotton candynya seketika lenyap di dalam mulut. Es krimnya terasa lembut dan mudah mencair, jangan lupa saat menyantapnya Anda perlu menuangkan matcha cair ke atas cotton candy untuk menambah sensasi unik dari sajian es krim.

Satu porsi sajian cotton candy dibandrol mulai harga Rp 40.000-an. Harganya tergantung topping atau isian apa yang ingin Anda nikmati. Jika tertarik untuk mencicipinya, Anda dapat langsung datang ke gerai dessert yang ada di Jakarta ini.

Cotton Drops
Kelapa Gading, Mall Kelapa Gading 3
Gading Walk, Jl. Kelapa Gading Boulevard, Jakarta Utara
Telp: (021) 41610600

Shirokuma Cafe
Ruko Crown Golf, Blok A No. 32 Bukit Golf Mediterania
Jl. Marina Indah Raya, PIK
Telp: (021) 29237523

Social House
Grand Indonesia Mall, lt 1 East Mall
Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat
Telp: (021) 23581818

Shirayuki
Rukan Emerald No. 10
Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara
Telp: (021) 24080570


(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan