detikfood

Rabu, 05/11/2014 06:11 WIB

ArKay, Whisky Bersertifikat Halal Pertama di Dunia

Fitria Rahmadianti - detikFood
ArKay, Whisky Bersertifikat Halal Pertama di Dunia Foto: ArKay Beverages
Kini semakin banyak jenis minuman keras yang dibuat versi halalnya. Setelah champagne dan sparkling wine. kini ada whisky bersertifikat halal. Whisky ini bisa diminum langsung atau ditambah es batu seperti whisky biasa!

Whisky bersertifikat halal tersebut bermerek 'ArKay' dan diproduksi di Amerika Serikat. Tampilan kaleng dan dusnya yang didominasi warna hijau dan emas tampak bernuansa Arab dengan tulisan 'minuman rasa whisky bebas alkohol'.

Di website resminya, disebutkan bahwa ArKay ditujukan bagi konsumen yang ingin menikmati cita rasa whisky namun tak bisa meminumnya karena alasan medis atau keyakinan. Bahkan, minuman ini disebut-sebut bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, penderita diabetes, dan orang yang sedang berdiet.

Selain itu, ArKay juga diklaim bisa menurunkan risiko kecelakaan. Anda bisa berpesta tanpa mabuk, lalu menyetir dengan aman setelahnya. Slogan produk ini: jangan minum dan menyetir, kecuali minumannya ArKay.

Namun, juru bicara Scotch Whisky Association mengatakan bahwa mustahil whisky bisa bebas alkohol. "Perusahaan ini mencoba mengeksploitasi reputasi whisky dengan pemasaran yang sangat tidak bertanggung jawab," katanya kepada Daily Mail (04/11/2011).

Whisky Scotch asli terbuat dari air dan barley. Citarasa uniknya berasal dari cara barley dikeringkan dan disimpan bertahun-tahun di dalam tong kayu oak. Sementara itu, whisky ArKay dibuat dengan air, gliserol, perasa alami dan buatan, asam laktat, pewarna karamel, rasa madu alami, dan potassium sorbat.

Perlu waktu lima tahun untuk mengembangkan rasa dan aroma whisky nonalkohol ini. Namun, Sylvie Grattagliano selaku Presiden ArKay Beverages mengatakan bahwa mereka memang tidak berpura-pura membuat whisky atau scotch betulan.

"Filosofi ArkAy adalah untuk membantu jutaan orang yang bermasalah dengan minuman alkohol untuk menjauh dari minuman keras. ArKay tidak sedang berperang melawan produsen minuman beralkohol," kata Grattagliano kepada Al Arabiya News (03/11/2014).

Whisky ArKay tersedia dalam kemasan kaleng ukuran 350 ml dan botol kaca ukuran satu liter dengan harga $25 (Rp 303.000) per botol. Produk ini sebenarnya sudah diluncurkan di AS sejak akhir 2011, namun baru dipasarkan di Inggris dan beberapa negara Eropa lainnya belum lama ini.

Selain whisky, ArKay juga memproduksi versi soft drink dari 15 jenis minuman beralkohol, seperti rum, mojito, vodka, sampai pina colada dan Irish cream. "Kami merasa ada celah di pasar minuman yang perlu diisi dengan produk-produk seperti ini," kata Zeshan Ahmed, Wakil Presiden Bidang Penjualan ArKay Beverages.



(odi/fit)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan