detikfood

Minggu, 19/10/2014 10:50 WIB

Laporan dari Singapura

24HR-Street-Food-Frenzy Safari Berakhir Sukses Mencicipi 31 Jenis Hidangan

Odilia Winneke - detikFood
-->
24HR-Street-Food-Frenzy Safari Berakhir Sukses Mencicipi 31 Jenis Hidangan Foto: detikfood
Untuk pertama kalinya, acara makan yang berlangsung terus menerus nonstop 24 jam di beberapa lokasi di Singapura digelar. Acara ini diikuti oleh 31 jurnalis dari 12 negara diakhiri tepat pukul 10.30 dengan sukses.

Acara 24HR-Street-Food-Frenzy-Safari digagas oleh K.F Seetoh pendiri Makansutra sekaligus tokoh kuliner Singapura. Pada tanggal 18 Oktober pukul 10.30 waktu Singapura acara resmi dibuka di makansutra Gluttons Bay.

Seluruh peserta dipandu langsung oleh K.F Seetoh menyusuri spot-spot kuliner kaki lima di berbagai hawker centre Singapura selama 24 jam nonstop. Acara ini merupakan acara pemanasan menyosong World Stret Food Congress 2015 yang akan digelar tanggal 8-12 April 2015.

‘Dengan acara ini kami ingin menunjukkan bahwa pejaja makanan kaki lima bisa sukses. Punya hidangan enak, otentik, karena umumnya dibuat dari resep keluarga’,demikian tutur Seetoh pada sambutan pembukaan acara ini.

Sebagai spot pertama, peserta singgah ke gerai Chey Sua Carrot Cake, yang berlokasi di Tao Payoh West Market & Food Court. Carrot cake resep warisan keluarga ini selalu diantre.

Tanpa banyak tambahan bahan lain selain carrot cake dan telur, tampilan carrot cake ini tipis, garing dengan kenyal tekstur carrot cake. Ini karena carrot cake diiris kecil sebelum dicampur dengan telur.

Kelezatan hidangan inipun kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke berbagai hawker di seluruh Singapura. Akhirnya seluruh peserta berhasil menuntaskan waktu 24 jam penuh makan nonstop.

Catatan rekor pertama di dunia ini ditutup dengan mencicipi nasi padang di gerai Hajjah Mona Nasi Padang di pusat hawker Geylang Serai. Nasi Padang yang populer di kalangan muslim SIngapura ini sudah dikelola oleh generasi keempat.

Nasi Padang ini menjadi hidangan ke 31 dan tepat pada pukul 10.30 seluruh peserta kembali ke Glutton Bay. Acara ditutup dengan pemberian sertifikat sebagai tanda sukses menuntaskan rekor.

Dengan kegiatan ini diharapkan semangat mengangkat hawker di banyak negera turut bangkit. Karena selama ini Singapura dikenal sebagai negara yang sukses mengelola hawker. Terbukti ada 107 hawker centre di Singapura dan akan terus ditambah jumlahnya.






(odi/odi)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan