detikfood

Kamis, 07/08/2014 14:08 WIB

Restoran Jaringan Melia Hotels International Hapus Menu Sirip Hiu

Maya Safira - detikFood
Restoran Jaringan Melia Hotels International Hapus Menu Sirip Hiu Foto: Getty Images
Melia Hotels International, jaringan hotel terbesar asal Spanyol, melarang pemakaian sirip hiu pada menu restorannya. Jaringan hotel ini telah menghapus menu sirip hiu dari semua restorannya di seluruh dunia.

Sebagai bagian dari komitmen terhadap lingkungan dan keanekaragaman hayati, Melia Hotels International wilayah Asia Pasifik mengumumkan kebijakan tersebut Senin (04/08) lalu. Dalam pernyataan resmi, pihak Melia menyatakan kontribusi mereka untuk melindungi hiu yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut.

"Sebagai predator, hiu adalah spesies kunci dalam rantai makanan dan juga indikator kesehatan laut kita. Mereka menghilangkan mangsa terlemah, menjaga keseimbangan dengan pesaingnya dan menjamin keragaman spesies," sebut pihak Melia dalam pernyataan di situs meliahotelsinternational.com (04/08/2014).

Larangan penyajian sirip hiu juga diberlakukan pada semua kegiatan atau acara yang memakai fasilitas jaringan Melia. Melia yang memiliki 350 hotel di 40 negara Melia menjadi perusahaan paling baru yang memboikot konsumsi sirip hiu.

Sebelumnya, Kasino Marina Bay Sands di Singapura telah menghentikkan sajian sirip hiu sejak Juni lalu. Langkah serupa juga sudah dilakukan hotel-hotel besar seperti Shangri-La dan Swissotel The Stamford.

Sirip hiu sendiri banyak dikonsumsi pasar Hong Kong dan Tiongkok. Biasanya sup sirip hiu disajikan dalam jamuan pernikahan dan acara perusahaan.

Hiu yang semakin banyak ditangkap mulai menunjukkan ancaman kepunahan. Sekitar 70-100 juta ekor hiu dibunuh tiap tahunnya di seluruh dunia untuk diambil siripnya. Seringkali sirip ini diambil saat hiu masih hidup baru kemudian hiu dibuang kembali ke laut dan mati disana.

Selama bertahun-tahun aktivis lingkungan berkampanye melawan pengambilan sirip hiu yang dianggap kejam dan mengancam kelestarian laut.

(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan