detikfood

Senin, 21/04/2014 14:17 WIB

Bosan dengan Daging Ayam? Yuk, Coba Burung Puyuh Goreng!

Fitria Rahmadianti - detikFood
Bosan dengan Daging Ayam? Yuk, Coba Burung Puyuh Goreng! Foto: Detikfood
Daripada dagingnya, telur burung puyuh lebih sering dikonsumsi. Padahal, meski mungil, daging burung puyuh tak kalah lezat dan bernutrisi dibanding daging ayam atau daging bebek.

Salah satu restoran yang menyediakan olahan burung puyuh adalah Warung Sangrai di depan Factory Outlet Heritage, Bandung. Di rumah makan Sunda ini, burung puyuh diungkep, digoreng, lalu diberi bermacam-macam bumbu.

Puyuh Original disajikan polos bersama sambal cabai hijau dan bawang segar yang diletakkan di 'mangkuk' mentimun terpisah. Adapula Puyuh Crispy yang renyah karena digoreng tepung serta Puyuh Gocap yang berlumur kecap manis.

Kalau Anda penyuka pedas, wajib coba Puyuh Rawit dengan olesan sambal goreng rawit. Hidangan yang jadi favorit di Warung Sangrai ini akan membuat Anda mandi keringat! Puyuh Cabe Garamnya juga enak dengan pedas yang tak terlalu menyengat. Irisan cabai dan bawang putihnya digoreng lalu ditaburkan ke atas burung puyuh yang asin ini.

Semua hidangan tadi bisa dibeli dengan harga Rp 23.000-25.000, sudah termasuk nasi, khusus bulan ini. Kalau Anda datang berempat, pesan saja Burung Patumpuk (Rp 99.000). Empat ekor burung puyuh ditumpuk tinggi hingga 30 cm dan disajikan bersama empat porsi nasi.

Sebenarnya daging burung puyuh tak asing di kuliner Prancis, Malta, Portugis, dan India. Warung Sangrai sendiri memperoleh pasukan burung puyuh dari Yogyakarta. Terbukti, meski mungil, dagingnya terasa lebih gurih dan empuk daripada daging ayam. Satu porsi, mana cukup!

Menurut situs Zen to Fitness, seekor burung puyuh memiliki berat rata-rata 100 gram. Kandungan lemaknya lebih rendah daripada daging ayam, yakni hanya dua gram per porsi. Burung puyuh juga tak mengandung lemak jenuh. Dibandingkan daging ayam, burung puyuh lebih tinggi protein (13 gram). Kandungan kalorinyapun hanya 69 kkal.

Penasaran dengan rasa daging burung puyuh? Datang saja ke Warung Sangrai di Jl. LL. RE Martadinata no. 63 (FO Heritage), Bandung, atau hubungi di nomor telepon 022-91566224.

(odi/fit)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan