detikfood
Selasa, 04/02/2014 14:32 WIB

Ayam Goreng Jakarta: Inilah Ayam dan Nasi Goreng Asal Cianjur yang Hijrah ke Jakarta

Fitria Rahmadianti - detikFood
Ayam Goreng Jakarta: Inilah Ayam dan Nasi Goreng Asal Cianjur yang Hijrah ke Jakarta
Kalau ditanya menu yang paling populer di Indonesia dan dunia, mungkin jawabannya adalah ayam goreng. Disantap bersama nasi hangat dan lalapan, makan siang terasa lengkap. Jangan lupa sambalnya yang pedas menggigit!

Biasanya, nama restoran mencerminkan daerah asalnya. Namun, Ayam Goreng Jakarta bukan berasal dari ibukota. Pusatnya ada di Cianjur, cabangnya di Bandung. Hanya satu gerai yang berlokasi di Jakarta.

Kami mampir ke gerainya di Jakarta. Restorannya menempati bangunan tiga lantai seperti rumah. Bagian dalamnya luas dengan langit-langit tinggi. Karena saat kami datang restorannya sepi, rumah besar ini terasa kosong.

Nasi timbel komplet (Rp 32.500) jadi pilihan pertama kami. Racikan nasi khas Sunda ini termasuk nasi timbel, ayam goreng, ikan asin jambal roti, tahu, tempe, sayur asem, lalap, dan sambal. Tak beda jauh dengan nasi timbel umumnya.

Ayam goreng bagian paha yang kami pilih berukuran kecil. Mungkin karena yang digunakan adalah ayam kampung atau ayam jantan. Daging ayamnya digoreng hingga keemasan sehingga kulit dan bagian luarnya terasa renyah. Aromanya gurih, sayang rasanya kurang mantap.

Nasi timbel alias nasi hangat yang dibungkus daun pisang mengeluarkan aroma wangi saat dibuka. Sambalnya memakai tomat dan bawang merah tak begitu pedas, sementara sayur asemnya didominasi rasa manis.

Sebagai pelengkap, kami memesan keredok (Rp 10.000). Porsinya mungil, namun campuran kol, kacang panjang, dan mentimunnya terasa renyah dan segar. Aroma kencur terdeteksi cukup kuat pada bumbu kacangnya. Kombinasi asin dengan pedas yang tak berlebihan terasa pas. Sedikit kerupuk kanji melengkapi sajian ini.

Selain kedua hidangan tadi, kami juga mencicipi nasi goreng Jakarta (Rp 25.000). Tampilannya sederhana seperti nasi goreng rumahan. Pelengkapnya hanya mentimun dan tomat, tanpa kerupuk. Nasinya dimasak dengan kecap dan telur, lalu dicampur dengan ati ampela, bakso, dan daging ayam. Seperti tampilannya, rasanyapun biasa saja, tak ada yang menonjol.

Ayam Goreng Jakarta juga menyediakan olahan ikan gurami, nila/patin, dan lele. Adapula aneka sambal yang bisa dibeli terpisah. Pilihan minumannya juga cukup banyak, salah satunya jus markisa dan es Cianjur.


Ayam Goreng Jakarta
Jl. Dr. Mawardi No. 48
Cianjur
Telepon: 0263-261150

Jl. Raya Cibeureum KM 74
Cianjur
Telepon: 0263-511376

Jl. Cihampelas No. 109
Bandung
Telepon: 022-2034815

Jl. Tanjung Duren Raya No. 1 (dekat Pasar Kopro)
Jakarta Barat
Telepon: 021-56942622

(odi/fit)


Keredok

Baca Juga
Foto Lain

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan