detikfood
Rabu, 30/10/2013 16:24 WIB

Freeze Ice Cream: 1000 Kombinasi Rasa Es Krim Nitrogen Cair

Fitria Rahmadianti - detikFood
Jamu
  • Habbatussaudana
  • Zait Zaitun
  • Zait Saudana
Makanan Ringan, Bakery dan Bahan Roti
Obat-obatan
thumbnail
Di gerai es krim ini kita bisa mengamati proses pembuatannya. Pegawai berjubah putih dan bermasker tampak sedang mengaduk-aduk bahan es krim. Asap tebalpun muncul. Semenit kemudian, seperti sulap, semangkuk es krim disodorkan.

Ini bukanlah atraksi sulap maupun kegiatan di laboratorium, melainkan proses pembuatan es krim dengan nitrogen cair. Metode ini terbilang baru di Indonesia. Salah satu gerai yang menyajikan es krim 'canggih' ini adalah Freeze Ice Cream.

Freeze Ice Cream baru dibuka beberapa minggu lalu. Terletak di kios mungil, asap yang muncul dari pembuatan es krim mengundang rasa penasaran orang-orang lewat. Pertanyaan seperti: "Ini asapnya pakai apa?", "Apa tidak berbahaya?", dan sebagainya sering diajukan.

Enobe Sutedja, direktur Freeze Ice Cream, dengan tenang menjelaskan bahwa nitrogen aman karena ada di udara yang kita hirup sehari-hari. "Di udara oksigen hanya 20%, sementara nitrogen 70%," jelasnya saat ditemui Detikfood.

Untuk menghilangkan kekhawatiran pelanggan, Enobe menuangkan nitrogen cair dari tangki ke mangkuk dan menyodorkannya ke pelanggan. Benar saja, cairan yang bening, tak berwarna, dan tak berbau ini segera menghilang saat tangan dicelupkan dan diangkat.

Nitrogen cair yang mendidih pada suhu -196 C digunakan hanya untuk mendinginkan es krim secara cepat. Jadi, tak perlu lemari pendingin, bahan dasar seperti susu, buah, cokelat, kacang dan lainnya bisa berubah jadi es krim dalam waktu satu menit. Es krimpun jadi lebih segar tanpa memerlukan pengawet maupun pengental.

"Nitrogen cair sangat dingin, sementara bagi nitrogen susu sangat panas. Saat bertemu, nitrogen menguap, sementara susu membeku," ujar Enobe.Next

(odi/dni)


Halaman 1 2 3

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).