detikfood

Senin, 28/10/2013 09:50 WIB

Kalau Ingin Berat Badan Cepat Turun, Ngemil Almond Saja

Deani Sekar Hapsari - detikFood
Kalau Ingin Berat Badan Cepat Turun, Ngemil Almond Saja Foto: Thinkstock
Konsumsi camilan banyak dianggap bisa menaikkan berat badan. Tapi, sebuah penelitian terbaru menyatakan ngemil almond yang dikenal dengan kandungan lemak baik bisa membuat perut tetap kenyang dan memicu penurunan berat badan.

Tim peneliti dari Purdue University di Indiana merekrut 137 partsipan dewasa dengan risiko diabetes tipe dua. Partisipan diminta mengonsumsi 1,50 ounce almond yang setara dengan 43 gram atau sekitar 30 butir almond. Penelitian ini dilakukan selama empat minggu untuk menginvestigasi efek konsumsi almond terhadap berat badan dan nafsu makan.

Partisipan dibagi menjadi lima kelompok, satu kelompok menghindari konsumsi berbagai kacang dan bijian, grup yang mengkonsumsi 30 almond saat sarapan dan grup lainnya yang mengkonsumsi almond saat makan siang. Ada juga kelompok yang mengemil almond saat pagi dan kelompok lainnya mengemil almond saat siang.

Tim peneliti menemukan konsumsi 30 almond setiap hari bisa mengurangi tingkat kelaparan partisipan. Walaupun mereka mengonsumsi 250 kalori sehari dalam bentuk camilan almond, mereka tidak mengonsumsi kalori tambahan secara keseluruhan. Efek ini berasal dari peningkatan kadar vitamin E dan asupan lemak baik.

“Penelitian ini menjelaskan bahwa almond bisa menjadi opsi camilan yang baik, terutama untuk yang khawatir terhadap berat badan. Dalam studi tingkat kelaparan juga lebih efektif diturunkan saat almond dikonsumsi sebagai camilan bukan bersamaan dengan hidangan utama,” tutu Dr Richard Mattes selaku professor of nutrition science at Purdue University dan kepala peneliti.

Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan konsumsi almond bisa menurunkan risiko kanker hati karena kandungan vitamin E nya. Konsumsi almond juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan detoksifikasi.


(odi/dni)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan