detikfood
Jumat, 27/09/2013 06:26 WIB

Sarapan dengan Porsi Sama dan Cukup Bisa Cegah Kegemukan

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Flavor
  • Pandan Pasta
  • Orange Crush Pasta
  • Nanas Pasta
Sayuran dan Olahannya
Makanan Ringan, Bakery dan Bahan Roti
thumbnail Foto: Thinkstock
Meski tidak beraktifitas, tubuh akan melepaskan energi saat tidur. Karena itu perlu sarapan, untuk mengganti energi yang hilang. Menu dan porsi sarapan juga harus bisa mencukupi kebutuhan energi di pagi hari.

Bagi yang selalu perhatikan kesehatan, tentunya tidak akan pernah melewatkan sarapan. Bahkan juga akan menyantap menu sarapan sehat. Meski begitu masih banyak orang yang justru menyantap sarapan dalam porsi yang banyak. Cara salah ini bisa membuat berat badan jadi bertambah.

Jika tak ingin menjadi gemuk sebaiknya harus konsisten dengan porsi sarapan. Misalnya makan satu porsi karbohidrat yang ada di dalam gandum, segelas susu yang kaya kalsium dan satu porsi buah untuk menambah asupan serat. Juga satu porsi protein tinggi seperti telur atau daging.

Agar tidak bosan bisa dikombinasikan dengan menu makanan lainnya. Misalnya dengan mengonsumsi yogurt dengan topping buah dan sepotong roti gandum. Bisa juga sajikan orak-arik telur, roti gandum, salad buah segar dan secangkir susu rendah lemak.

Jika terbiasa mengonsumsi nasi, bisa pilih jenis beras merah yang banyak mengandung vitamin B dan serat. Sajikan dengan tumis sayuran, telur atau pepes tahu untuk menambah asupan protein dan serat harian.

Segelas smoothie buah juga bisa jadi pendamping menu sarapan sehat. Bisa menggunakan buah strawberry dan pisang kemudian tambahkan satu sendok susu bubuk dan yogurt tanpa rasa. Minuman kaya protein, kalsium dan vitamin ini dapat menguatkan tulang dan meningkatkan energi.



(odi/dyh)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).