detikfood
Senin, 12/08/2013 12:03 WIB

Toko Roti Muntjul: Roti Semir Kuno Lembut yang Jadi Andalan Selama 60 Tahun

Odilia Winneke - detikFood
Susu, Keju dan Es Krim
  • Bonigrasa whey powder
  • DMine
  • Nichojess
Makanan Ringan, Bakery dan Bahan Roti
Flavor
thumbnail Foto: Detikfood
Meskipun ada di kota kabupaten, toko roti ini sudah kondang karena rotinya yang empuk enak. Karenanya kalau mampir ke Klaten harus mencicipi roti sisirnya yang empuk wangi. Roti pisang yang gendut legit atau roti isi vla juga sulit dilewatkan.

Mampir ke kota ini hanya perlu setengah jam untuk berputar-putar di pusat kota. Karena ingin ngemil yang enak dan sedikit mengenyangkan, jadilah kami berkeliling kota. Ternyata ada bakery atau toko roti di sini. Selain Muntjul ada juga toko Florida dan toko Legit'z yang lokasinya tak jauh dari Muntjul.

Kalau tak tahu arah, tanya saja saja ke tukang parkir. Hampir semua orang kenal toko roti yang sudah ada sejak tahun 1950-an. Toko ini gampang dicari karena lokasinya di daerah pertokoan jalan Pemuda yang ramai. Tokonya menempati bangunan ruko dua lantai, bagian atasnya bercat kuning dan papan namanya bercat hijau.

Meskipun mungil, toko ini nyaris tak pernah sepi. Di lemari sisi kiri terpajang aneka jenis roti manis. Roti pisang, roti kismis, roti sisir, roti isi vla, roti cokelat, aneka roti sobek, chiffon cake, roti tawar, bagelen basah dan kering.

Sementara di sisi kanan lemari pajang berisi aneka kue basah. Seperti lemper, risoles, kroket, kue lumpur, klepon, kue ku, dadar gulung dan beberapa jenis makanan kering. Jika dilihat koleksi roti manisnya merupakan jenis roti manis kuno.

Warna rotinya kecokelatan merata menandakan panggangan yang matang dengan tinggi roti yang kokoh. Ternyata ini terbukti dengan roti sisirnya yang ukurannya tak sebesar ukuran roti sisir umumnya. Hanya sekitar 10 cm dengan tebal sekitar 3 cm. Bentuknya kokoh, kecokelatan dengan serat yang lembut.

Saat disobek roti sisir (Rp. 3.700) ini menebarkan aroma wangi ragi roti, mentega dan susu yang gurih enak. Teksturnya empuk dengan olesan tipis margarin dan gula. Rasanya lembut, empuk sedikit legit di lidah. Agaknya roti ini masih dibikin dengan merode lama sehingga serat-serat rotinya memanjang dan lembut teratur. Ah, kamipun jadi jatuh hati dengan roti sisir legendaris ini.Next

(odi/flo)

Halaman 1 2

Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).