detikfood
Jumat, 26/07/2013 12:51 WIB

Baesuk, Fruit Punch Dingin Pencegah Flu dari Korea

Deani Sekar Hapsari - detikFood
Flavor
  • Pandan Pasta
  • Orange Crush Pasta
  • Nanas Pasta
Makanan Ringan, Bakery dan Bahan Roti
Daging & Daging Olahan
thumbnail Foto: Taste Made
Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bebas flu saat puasa, bikin fruit punch dingin dari Korea ini. Minuman kuno ini dulu hanya bisa dinikmati oleh para bangsawan. Minuman yang sudah berabad ini manjur untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Baesuk sendiri adalah varian hwachae, fruit punch tradisional asal Korea. Bahan utamanya adalah bae (pir Korea). Aslinya, baesuk disajikan dalam hidangan bangsawan Korea sehingga resepnya tidak diketahui masyarakat hingga pertengahan abad ke-20 .

Untuk cara membuatnya ternyata sangat mudah. Siapkan pir Korea utuh, jahe, lada butiran, madu, dan pine nuts sebagai pelengkap. Pertama kupas kulit jahe dan potong besar-besar, masukkan ke dalam air mendidih. Sementara itu, kupas, potong-potong, dan masukkan potongan pir ke air dingin supaya warnanya tidak kecokelatan.

Salah satu ciri khas minuman ini adalah pir berbintik hitam di lapisan luar daging buah. Untuk membuatnya, ambil buah pir dan dengan tusuk gigi, buat tiga lubang di permukaan luarnya, lalu masukkan biji lada ke masing- masing lubang. Masukkan pir dalam air rebusan jahe bersama dengan madu. Terakhir, tiriskan jahe dan dinikmati saat sudah dingin.

Baesuk biasanya disiapkan dan diminum saat musim panas atau Chuseok (Korea Mid-autumn Festival). Karena perpaduan rasa manis dari madu dan sensasi hangat dari jahe yang unik membuat minuman ini dijadikan simbol minuman Korea.

Selain buah pir, terdapat juga minuman bernama sujeonggwa yang mempunyai resep sama tapi menggunakan potongan buah kesemek. Sementara itu, hyangseolgo adalah dessert yang terbuat dari varian pir munbau dengan rasa lebih asam yang dikeruk tengahnya dan diberi air rebusan jahe.


(odi/fit)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).