detikfood
Kamis, 04/07/2013 07:04 WIB

Warna dan Gambar Piring Makan Ternyata Bikin Nafsu Makan Bertambah

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Susu, Keju dan Es Krim
  • Bonigrasa whey powder
  • DMine
  • Nichojess
Obat-obatan
Minyak, Emulsi dan Lemak
thumbnail Foto: Thinkstock
Apa warna piring Anda? Putih, merah, atau hijau? Piring makan tak sekedar wadah untuk menyantap makanan. Penelitian membuktikan piring makan bisa membangkitkan nafsu makan.

Pada penelitian sebelumnya, disebutkan bahwa warna piring makan bisa mempengaruhi porsi makan. Sedangkan pada penelitian terbaru, berhasil dibuktikan jika warna dan gambar pada piring dapat mengembalikan nafsu makan. Pembuktian inipun dilakukan oleh beberapa tim ahli dari New York dan Indonesia.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh Cornell University melibatkan responden anak-anak yang mengalami sulit makan. Selama penelitian ini, mereka diberikan makanan menggunakan piring berwarna-warni untuk menarik perhatiannya.

Dengan cepat hasilnya ditemukan, nafsu makan anak jadi cepat berubah. Mereka cenderung makan lebih banyak meski disajikan makanan sehat seperti brokoli dan ikan. Tentulah hal ini menghasilkan perubahan yang cukup drastis.

“Pada studi ini kami ingin membuat perubahan nafsu makan, sehingga brokoli dan ikan adalah makanan yang terlihat enak dan menarik.” kata Brian Wansink, dari Cornell Dyson School of Economics and Management.

Ternyata gambar makanan pada piring makan juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Pernyataan ini pun berhasil dibuktikan oleh tim peneliti dari Politeknik Kesehatan Jakarta II, Jakarta dan hasil penelitian telah dipublikasikan dalam Jurnal Gizi dan Pangan.

Berbeda dengan penelitian dari Cornell University, kali ini tim peneliti melibatkan beberapa pasien dengan HIV/AIDS usia 25-43 tahun di Rumah Sakit Sulianti Saroso. Untuk membuktikan pengaruh penggunaan piring makan bergambar dengan tingkat nafsu makan pasien.

Penelitian yang dilakukan selama dua bulan mulai dari November hingga Desember 2011 ini membuahkan hasil memuaskan. Ternyata nafsu makan pasien jadi bertambah setelah disajikan makanan dalam piring bergambar.

Selain menyukai desain gambar ilustrasi pada piring makan, mereka juga meminta untuk dibuat pesan tertulis juga variasi gambar kartun. Tentunya hasil penelitian ini menunjukkan jika variasi ilustrasi gambar atau media dianggap mampu menggugah selera makan pasien di rumah rakit.

(odi/dyh)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).