detikfood
Jumat, 28/06/2013 06:23 WIB

Supaya Tak Mudah Lelah, Sarapan Saja Telur Ayam Kampung Rebus

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Supaya Tak Mudah Lelah, Sarapan Saja Telur Ayam Kampung Rebus Foto: savalfoods
Bosan dengan sajian telur ayam ras? Cobalah ganti dengan telur ayam kampung. Meski ukurannya lebih kecil, namun rasanya jauh lebih enak. Apalagi mengandung zat besi, vitamin A dan beta karoten yang kaya manfaat.

Jenis telur sangat beragam. Ada telur ayam ras, telur ayam kampung hingga telur bebek. Namun masing-masing mengandung nutrisi yang berbeda. Seperti halnya telur ayam kampung yang diyakini lebih bernutrisi dan sering dikonsumsi untuk meningkatkan stamina.

Umumnya telur yang satu ini berkulit putih dan tipis, bentuknya juga lebih kecil. Bagian dalam telur terdiri dari putih telur dan kuning telur. Jumlah putih telurnya cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan kuning telur. Kuning telur ini yang bermanfaat untuk meningkatkan stamina, dan sering dimakan mentah bersama madu.

Per butir telur ayam kampung mengandung nutrisi sekitar 78,4 kalori, 5,2 gram protein, 6,12 gram lemak, dan 0,32 gram karbohdirat. Selain itu juga mengandung 1,32 mg zat besi, 26,8 mg kalsium dan 133,6 mg fosfor. Nutrisi lainnya seperti vitamin A, C, D dan E, thiamin, beta karoten, lecithin dan asam lemak omega-3 terkandung di dalamnya.

Jika dikonsumsi setiap hari, dapat membantu menyambuhkan penyakit jantung, maag dan usus besar. Telur ayam kampung juga sebagai sumber energi untuk menunjang aktifitas selama sehari. Bahkan bisa mencegah rasa lelah berlebih usai beraktifitas.

Putih telurnya yang sering digunakan untuk masker, diyakini dapat menghilangkan kantung mata, mengecilkan pori-pori dan melembabkan kulit. Selain itu juga dapat mengencangkan kulit dan mencegah peradangan akibat iritasi di kulit.

Nah, jika ingin manfaatnya lebih terasa, telur ayam kampung bisa dikonsumsi setiap hari. Atau bisa juga jadi pilihan menu sarapan, dengan direbus atau digoreng menggunakan sedikit minyak. Dengan begitu, asupan nutrisi di pagi hari jadi bertambah dan tubuh tak mudah lelah.

(odi/dyh)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan