detikfood
Selasa, 21/05/2013 16:49 WIB

Rekomendasi Redaksi

Berburu Nasgor Gila di Jakarta, Mana yang Paling Gila Enaknya?

Flora Febrianindya - detikFood
Jamu
  • Habbatussaudana
  • Zait Zaitun
  • Zait Saudana
Kosmetik
Lain-lain
thumbnail Foto: Detikfood
Nama menu satu ini sering bikin orang mengernyitkan dahi. Identik dengan nasi goreng dengan porsi besar yang bikin kekenyangan. Apalagi topping bakso sapi. bakso ikan, telur dan sosis yang ditumis gurih-gurih manis disajikan melimpah. Wah, dijamin kenyang gila!

Di Jakarta, menu nasi goreng gila memang populer. Tak seheboh namanya, nasi goreng gila sebenarnya mirip nasi goreng biasa. Dimasak bersama kecap dan bumbu gurih. Bedanya adalah yang ini melalui 2 kali pemasakan, yaitu pembuatan nasi gorengnya, kemudian baru toppingnya ditumis dengan campuran saus tiram, kecap manis, juga saus sambal. Karena semua bahan nasgor ditambahkan jadi satu maka nasi goreng ini diberi sebutan 'gila'.

Topping nasi goreng gila beraneka ragam. Antara lain bakso sapi, bakso ikan, hati, ampela, sosis, juga daging ayam, telur orak-arik, juga daun bawang. Ada juga yang menambahkan daging kambing di dalamnya. Biasanya tersaji bersama acar timun plus kerupuk kanji.

Di Jakarta, menu nasi goreng gila memang populer. Bahkan nasi goreng gila selalu tersedia di beragam tempat nongkrong atau tempat makan strategis di Jakarta. Beberapa di antaranya terletak di kawasan Menteng, Sabang, juga Tebet. Tiap pedagangpun punya gaya racikan masing-masing. Yuk cicipi satu persatu!

Lokasi pertama, Bubur Ayam Sukabumi Tebet. Selain bubur, namun nasi goreng gila di sini sudah kesohor enaknya. Seporsinya bisa dinikmati dengan harga Rp 20.000. Nasi gorengnya berwarna putih, tanpa kecap dan dicampur telur orak-arik.

Wah, toppingnya berupa daging ayam, bakso sapi dan ikan serta sosis. Masih ditambah beberapa potongan cumi plus udang dan daging sapi. Terselip irisan paprika, bawang bombay dan juga daun bawang yang diiris serong dan bikin warnanya lebih semarak. Komplit dan porsinya besar!

Saat dicicip, nasi gorengnya menjejakkan rasa gurih enak. Menggunakan nasi yang pulen dan tak menggunakan bumbu berlebihan, hanya terasa jejak bawang putih. Toppingnya punya rasa gurih manis, dengan aroma dan rasa saus tiram yang kuat. Porsinyapun dijamin bikin kekenyangan! Next

(odi/flo)

Halaman 1 2 3

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).