detikfood
Selasa, 21/05/2013 16:49 WIB

Rekomendasi Redaksi

Berburu Nasgor Gila di Jakarta, Mana yang Paling Gila Enaknya?

Flora Febrianindya - detikFood
Berburu Nasgor Gila di Jakarta, Mana yang Paling Gila Enaknya? Foto: Detikfood
Nama menu satu ini sering bikin orang mengernyitkan dahi. Identik dengan nasi goreng dengan porsi besar yang bikin kekenyangan. Apalagi topping bakso sapi. bakso ikan, telur dan sosis yang ditumis gurih-gurih manis disajikan melimpah. Wah, dijamin kenyang gila!

Di Jakarta, menu nasi goreng gila memang populer. Tak seheboh namanya, nasi goreng gila sebenarnya mirip nasi goreng biasa. Dimasak bersama kecap dan bumbu gurih. Bedanya adalah yang ini melalui 2 kali pemasakan, yaitu pembuatan nasi gorengnya, kemudian baru toppingnya ditumis dengan campuran saus tiram, kecap manis, juga saus sambal. Karena semua bahan nasgor ditambahkan jadi satu maka nasi goreng ini diberi sebutan 'gila'.

Topping nasi goreng gila beraneka ragam. Antara lain bakso sapi, bakso ikan, hati, ampela, sosis, juga daging ayam, telur orak-arik, juga daun bawang. Ada juga yang menambahkan daging kambing di dalamnya. Biasanya tersaji bersama acar timun plus kerupuk kanji.

Di Jakarta, menu nasi goreng gila memang populer. Bahkan nasi goreng gila selalu tersedia di beragam tempat nongkrong atau tempat makan strategis di Jakarta. Beberapa di antaranya terletak di kawasan Menteng, Sabang, juga Tebet. Tiap pedagangpun punya gaya racikan masing-masing. Yuk cicipi satu persatu!

Lokasi pertama, Bubur Ayam Sukabumi Tebet. Selain bubur, namun nasi goreng gila di sini sudah kesohor enaknya. Seporsinya bisa dinikmati dengan harga Rp 20.000. Nasi gorengnya berwarna putih, tanpa kecap dan dicampur telur orak-arik.

Wah, toppingnya berupa daging ayam, bakso sapi dan ikan serta sosis. Masih ditambah beberapa potongan cumi plus udang dan daging sapi. Terselip irisan paprika, bawang bombay dan juga daun bawang yang diiris serong dan bikin warnanya lebih semarak. Komplit dan porsinya besar!

Saat dicicip, nasi gorengnya menjejakkan rasa gurih enak. Menggunakan nasi yang pulen dan tak menggunakan bumbu berlebihan, hanya terasa jejak bawang putih. Toppingnya punya rasa gurih manis, dengan aroma dan rasa saus tiram yang kuat. Porsinyapun dijamin bikin kekenyangan!

Berbeda dengan nasi goreng gila di kawasan Taman Menteng. Tiap malam, ada aneka makanan yang ditawarkan para penjaja makan dengan gerobak. Salah satu yang paling laris adalah nasi goreng gila. Terdapat 2 penjaja nasi goreng gila di sini. Kamipun memesan di penjual yang gerobaknya paling dekat dengan meja.

Jika dibandingkan dengan buatan Bubur Ayam Sukabumi, nasi goreng gila (Rp. 15.000) ini tampak jauh lebih sedikit porsinya. Merupakan nasi goreng yang ditumis bersama kecap manis dan bumbu-bumbu. Aroma kecap asinnya begitu meruap di hidung. Isiannyapun lebih sederhana, hanya bakso, sosis dan telur.

Wah, rupanya yang ini punya cita rasa istimewa. Ada rasa plus aroma khas dari penggunaan kecap Ingrris yang wangi. Nasi plus toppingnya sama-sama memiliki cita rasa manis gurih. Warnanya yang gelap memang mewakili penggunaan kecap yang cukup banyak. Komposisi bumbunyapun tececap pas di lidah. Sayang porsinya kurang besar!

Yang ketiga, kami menyambangi penjual nasi gila di pusat jajanan Jl. Lombok, Menteng, Jakarta. Uniknya, di sini nasi gila (Rp 20.000) disajikan dengan mencampurkan nasi dan topping layaknya nasi goreng umumnya. Rupanya, beginilah nasi goreng gila racikan pedagang di sini.

Wah, porsinya betul-betul jumbo! Sepiring nasi goreng gila disajikan panas-panas dengan acar timun plus saos sambal di sisinya. Nasinya yang kering dipadukan dengan irisan bakso ikan, bakso sapi, daging ayam, juga potongan cumi dengan tambahan daging kambing.

Hmm, rasanya manis-manis gurih dengan aroma bumbu bawang yang tipis namun tetap gurih enak. Karena dimasak bersama, tak ada jejak rasa bumbu racikan saus tiram, kecap dan juga sambal yang biasa digunakan. Mirip nasi goreng biasa, namun dengan rasa yang lebih nikmat.

Ketiga nasgor gila tadi punya karakter masing-masing. Untuk yang rasanya paling enak, detikFood memilih nasi goreng gila di kawasan Taman Menteng. Namun 2 lainnya juga unggul jika Anda mencari nasi goreng porsi besar (nasi goreng gila Jl. Lombok) ataupun yang isiannya komplit (bubur ayam Sukabumi).

Nah, kalau tergiur makan nasi goreng gila malam ini, datangi saja beberapa tempat makan di sini:


Bubur Ayam Sukabumi
Jl. Tebet Barat Dalam II, No. 2
Jakarta Selatan (Sebelah Cheese Cake Factory / 7-Eleven)

Pusat Jajanan Taman Menteng
Jl. HOS Cokroaminoto Jakarta Pusat

Kuliner Jl. Lombok, Menteng
Jakarta Pusat

(odi/flo)


Baca Juga
Foto Lain

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan