detikfood
Jumat, 17/05/2013 11:49 WIB

Menebus Kangen Seporsi Kupat Tahu Magelang yang Gurih Mantap

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Lain-lain
  • Tokusil FC-L
  • Tokusil FC-H
  • Tokusil FC
Sayuran dan Olahannya
Daging & Daging Olahan
thumbnail Foto: Detikfood
Irisan tahu dan ketupat komplit yang sedap dan gurih cocok jadi menu makan siang ini. Tahu putih yang digoreng kering dan lembut disiram kuah kecokelatan yang manis-manis gurih. Belum lagi potongan bakwan goreng, tauge dan kol jadi pelengkap yang mantap.

Jika rindu dengan kupat tahu Magelang cukup mampir ke rumah makan khusus kupat tahu yang banyak terdapat di Jakarta. Potongan tahu putih disajikan dengan irisan ketupat, kol, dan tauge. Siraman kuah manis dengan semburat gurih bawang putih dan berwarna kecokelatan inipun dapat mengobati rasa rindu pada kampung halaman.

Menembus keramaian Jl. Ciater BSD Tekno selalu membuat saya jadi lapar. Jejeran warung-warung makan di sepanjang jalan ini jadi pemandangan yang menggiurkan. Berhubung sedang jam makan siang kamipun segera mampir ke warung makan Kupat Tahu Magelang.

Warung kupat tahu ini ternyata cabang dari Bona Indah, Lebak Bulus. Banner berukuran tidak terlalu besar bertuliskan “Kupat Tahu Magelang Cabang Bona Indah” terpampang jelas di depan warung. Hmm.. tak mau menahan lapar terlalu lama, kamipun langsung memasuki warung yang tampil sederhana dan berlokasi persis di pinggir jalan.

Meskipun kelihatan sederhana dan sempit dari luar, ternyata bagian dalam warung makan ini lumayan luas. Seporsi Kupat Tahu Magelang atau disingkat KTM (Rp. 13.000) pun kami pesan. Maklum saja makanan sederhana ini sering bikin kangen.

Tak perlu menunggu lama, santap siang kamipun langsung tersaji di meja. Disusul dengan segelas jeruk nipis panas atau JN (Rp. 7.000) yang juga dipesan. Kupat tahu di sini isinya lumayan royal, selain potongan tahu putih dan ketupat, juga ada irisan kol, tauge, bakwan goreng, bawang merah goreng, seledri dan kerupuk.

Semua isian disiram dengan kuah kacang yang encer berbumbu bawang putih yang kuat berikut gerusan cabai rawit yang tidak terlalu banyak. Wah, kepulan tahu yang masih hangat keluar dari sela-sela tumpukan tauge dan ketupat. Kepulannya beradu dengan aroma racikan kuah kacang yang segar, gurih dan sedap.Next

(odi/dyh)

Halaman 1 2

Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).