detikfood

Selasa, 14/05/2013 17:48 WIB

Rekomendasi Redaksi

Inilah Tepung Bumbu a la KFC yang Paling Gurih Renyah!

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Inilah Tepung Bumbu a la KFC yang Paling Gurih Renyah! Foto: Detikfood
Tekstur renyah fried chicken memang sangat menyenangkan. Ternyata dibalik kerenyahan kulitnya tergantung pada jenis tepung yang digunakan. Berbagai merek tepung bumbu yang tersedia siap membantu Anda untuk membuat fried chicken a la Amerika.

Hidangan asal negeri Paman Sam ini sudah dikenal sejak puluhan tahun lalu. Potongan ayam dibalut dengan tepung dan digoreng hingga garing. Selain membeli di resto fast food, ayam berbalut tepung renyah ini juga bisa dibuat sendiri.

Fried chicken khususnya Kentucky Fried chicken yang jadi pelopor ayam goreng Amerika di Indonesia sangat populer. Karenanya beberapa perusahaan bahan makanan memproduksi tepung khusus a la KFC. Dengan racikan tepung bumbu ini produsen menjanjikan fried chicken yang dibuat sendiri akan seenak buatan KFC.

Beragam jenis tepung bumbu yang dijual punya keunggulan. Untuk itu, detikFood mencicipi tepung fried chicken dari tiga merek ternama, yaitu Kobe Kentucky Super Crispy, Sasa Tepung Bumbu a la Kentucky dan Adabi Tepung Bumbu a la Kentucky. Kamipun mencoba menggoreng daging ayam dengan tepung bumbu sesuai dengan cara pakai yang tertera pada kemasan.

Pertama kami mencoba tepung bumbu fried chicken dari Kobe. Warna tepungnya putih kekuningan, dengan aroma bawang putih yang cukup tajam. Satu sendok adonan tepung yang dicampur dengan enam sendok makan air untuk lapisan pertama yang juga berwarna putih kekuningan. Setelah ayam dicelup larutan bumbu barulah dibalut tepung bumbu, lalu digoreng hingga kering dan kecokelatan.

Begitu digigit, adonan tepungnya kekuningan bertekstur renyah dan tidak terlalu gurih. Tepungnya jadi sedikit keriting dengan rasa bawang putih yang begitu jelas dan wangi. Cukup gurih dikunyah tanpa cocolan saus cabai. Sebungkus Kobe Kentucky Super Crispy 80 gram harganya Rp. 2.690.

Berikutnya kamipun mencicipi tepung bumbu racikan Sasa Tepung Bumbu a la Kentucky 80 gram (Rp. 2.290). Warna tepungnya sedikit lebih kuning dibandingkan dengan tepung bumbu dari Kobe. Aroma ladapun tercium kuat saat tepung di keluarkan dari kemasan.

Setelah ayam fillet berlumur tepung bumbu digoreng hingga garing, adonan tepungnya tidak berbentuk keriting dan polos menempel pada ayam. Warnanya juga lebih cokelat dengan jejak bintik lada dipermukaan. Rasanyapun lebih gurih dengan aroma lada yang tajam.

Berbeda dengan tepung bumbu ketiga yang kami cicipi. Adabi Tepung Bumbu a la Kentucky 80 gram (Rp. 1.990), cenderung lebih keriting dan renyah. Pasalnya sebelum melumuri daging ayam dengan tepung bumbu, harus dicelupkan dahulu ke dalam telur ayam yang dikocok.

Benar saja saat dicicipi teksturnya memang lebih renyah dibandingkan dua tepung bumbu lainnya. Sedangkan warna adonannya yang sangat kuning, mengelurkan aroma kunyit yang sangat kuat. Rasanya yang tidak terlalu gurih sangat cocok jika dinikmati dengan saus sambal.

Setelah mencicipi ketiganya, ternyata tepung bumbu fried chicken racikan Kobe Kentucky Super Crispy yang cocok di lidah kami. Selain rasanya yang tidak terlalu gurih tekstur adonan yang digoreng hingga kering juga terasa lembut. Belum lagi aroma bawang putih yang sangat kuat. Bumbu fried chicken ini juga cocok untuk Anda yang tidak suka asin.

Nah kalau suka dengan tepung bumbu yang gurih dan agak asin bisa pilih Sasa Tepung Bumbu a la Kentucky. Adonan yang menempel pada daging ayam juga lembut dengan jejak butiran lada. Jika suka dengan bumbu fried chicken yang keriting dan kering, Adabi Tepung Bumbu a la Kentucky bisa jadi pilihan yang pas.

Kalau ingin bersantap malam dengan fried chicken gaya KFC, segera saja beli tepung bumbu dan ayamnya. Kriuk-kriuk, yummy!

(odi/dyh)


Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan